IMPLEMENTASI METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IX MTS AL - HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO

Bagas, Dwi Saputra (2023) IMPLEMENTASI METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IX MTS AL - HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
BAGAS DWI SAPUTRA_ IMPLEMENTASI METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IX MTS AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode resitasi pada mata pelajaran akidah akhlak yang diterapkan di kelas IX MTs Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto. Implementasi metode resitasi memiliki arti menerapkan model pembelajaran yang berbasis penugasan kepada peserta didik. Penerapan metode resitasi yang digunakan di Mts Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto khususnya pada kelas IX bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik yang disiplin, bertanggung jawab dan mampu bekerja sama antar peserta didik satu dengan yang lain. Jenis penelitian yang dipakai menggunakan metode penelitian kualitatif dan memusatkan pada field research atau penelitian lapangan. Penelitian ini juga menggunakan pendekaatan deskriptif kualitatif, yaitu penelitian dengan penggunaan olah kata dan tidak ditentukan olah angka atau statistik. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode resitasi di MTs Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto khususnya kelas IX dari tahap perencanaan, penerapan dan evaluasi menunjukkan bahwasannya peserta didik mengikuti dengan baik dengan dibuktikan dari hasil penilaian tugas yang diberikan oleh pendidik. Implementasi metode resitasi akan disesuaikan antara materi dengan bentuk tugas yang disampaikan, kemudian seorang pendidik akan memberikan tugas sesuai dengan materi yang disampaikan dengan melihat kemampuan siswa dan waktu yang tersedia. Pelaksanaan metode resitasi dapat berbentuk kerja kelompok maupun individual. Evaluasi yang dilaksanakan oleh pendidik yakni dengan melihat beberapa poin, baik mengevaluasi variasi tugas guna peserta didik terpadu dalam menyelesaikan tugas, kemudian perumusan tujuan, pencatatan tingkah laku peserta didik, maupun memperhatikan kesinambungan penilaian. Kata Kunci : Metode Resitasi, Akidah Akhlak, MTs Al-Hidayah Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Akidah Akhlak, MTs Al-Hidayah Karangsuci
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bagas Dwi Saputra sdr
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:33
Last Modified: 28 Jul 2023 07:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21499

Actions (login required)

View Item View Item