PENERAPAN METODE YANBU'A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DI TPQ ATH-THOHIRIYYAH PURWOKERTO

Bakti, Lestari (2023) PENERAPAN METODE YANBU'A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DI TPQ ATH-THOHIRIYYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Bakti Lestari_Penerapan Metode Yanbu'a dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini di TPQ Ath-Thohiriyyah Purwokerto.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan metode Yanbu’a di TPQ Ath Thohiriyyah, desa karangsalam kidul, kecamatan kedungbanteng, kabupaten Banyumas (2) mengetahui bagaimana penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf Hijaiyah pada anak usia dini di TPQ Ath Thohiriyyah, desa karangsalam kidul, kecamatan kedungbanteng, kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analis deskriptif melalui riset lapangan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah ustadzah TPQ Ath Thohiriyyah dan anak usia dini TPQ Ath Thohiriyyah. Metode Yanbu’a adalah suatu metode pembelajaran membaca,menulis dan menghafal Al Qur’an yang disusun secara sistematis terdiri dari tujuh jilid. Cara membacanya langsung dan tidak mengeja, cepat, tepat, benar serta tidak putus-putus dan disesuaikan dengan makhorijul huruf dan ilmu tajwid. Pembelajaran Al Qur’an akan lebih baik jika diajarkan sejak usia dini. Karena pada usia dini anak mengalami banyak aspek perkembangan diantaranya perkembangan nilai agama dan moral, perkembangan fisik motorik, perkembangan sosio emosional, kognitif dan lain lain. Oleh sebab itu, orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam menanamkan kecintaan terhadap Al Qur’an. Hasil peneliti menunjukkan bahwa penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf Hijaiyah pada anak usia dini di TPQ Ath Thohiriyyah, memberikan dampak positif, diantaranya: (1)pengembangan minat baca (2) peningkatan keterampilan membaca (3)peningkatan pemahaman membaca (4)pengembangan kosakata. Penerapan metode Yanbu’a tersebut sangat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf Hijaiyah. Dengan begitu, harapannya Anak Usia Dini (peserta didik) lebih mudah dalam mempelajari Al Qur’an dengan lancar, benar dan fasih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Kemampuan Membaca, Metode Yanbu’a
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.01 Filsafat, Teori, Metodologi Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.04 TOpik Khusus
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Bakti Lestari sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:30
Last Modified: 28 Jul 2023 07:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21497

Actions (login required)

View Item View Item