PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN MODERASI OLEH GURU PAI DI SMA NEGERI 2 PURWOKERTO

YAMNI, YUNUS (2023) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN MODERASI OLEH GURU PAI DI SMA NEGERI 2 PURWOKERTO. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
YAMNI YUNUS_PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN MODERASI OLEH GURU PAI DI SMA NEGERI 2 PURWOKERTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Gelombang arus globalisasi akan mendorong terjadinya kontak budaya (cultural contact) yang semakin bebas. Setiap orang tidak bisa melepaskan dirinya untuk berhubungan dengan negara, budaya, bahasa, etnis, dan agama lain. Dalam hal ini, toleransi memiliki peran yang penting, untuk itu pendidikan yang moderat mengandung toleransi harus bisa menjembatani keanekaragaman tersebut. Jangan sampai arus globalisasi akan melahirkan disintegrasi, intoleran, pertikaian, dan peperangan antar daerah, suku, bahkan negara. Munculnya konflik sering disebabkan karena perbedaan suku/ etnis, budaya, agama, sikap intoleran dan lain-lain. Penelitian ini mengkaji pemanfaatan media sosial sebagai media pendidikan moderasi oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Purwokerto. Penelitian dilakukan dengan menganalisis media sosial serta peranannya dalam pendidikan moderasi. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemanfaatan media sosial sebagai media pendidikan moderasi oleh guru PAI di SMA Negeri 2 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan media sosial yang aktif dan masif untuk bertukar informasi, menyebabkan sikap yang bijak dalam menyikapi informasi yang diterima sangat dibutuhkan. Berdasarkan penelitian serta analisis data penelitian yang dilakukan oleh penulis mengenai pemanfaatan media sosial sebagai media pendidikan moderasi oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Purwokerto diperoleh hasil bahwa Media sosial yang digunakan oleh Guru PAI di SMA Negeri 2 Purwokerto adalah WhatsApp, Youtube, Instagram, Twitter, TikTok, dan Facebook. Media sosial dalam proses pendidikan moderasi memiliki peran penting, yaitu peran edukasi, persuasif, dan filterisasi. Pendidikan moderasi melalui media sosial oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Purwokerto menggunakan konten berupa Video atau film pendek yang diunggah melalui media sosial dengan tema moderasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Moderasi, Media Sosial.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: YAMNI YUNUS sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:27
Last Modified: 28 Jul 2023 07:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21495

Actions (login required)

View Item View Item