ANALISIS POLA PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK PESANTREN HIDMAH JAYA SEJAHTERA (BUMP HJS) BERBASIS EKONOMI KREATIF DALAM KEMANDIRIAN EKONOMI PESANTREN (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN RUBAT MBALONG ELL- FIRDAUS KEDUNGREJA CILACAP)

Isnaeni, Sofi Farida (2023) ANALISIS POLA PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK PESANTREN HIDMAH JAYA SEJAHTERA (BUMP HJS) BERBASIS EKONOMI KREATIF DALAM KEMANDIRIAN EKONOMI PESANTREN (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN RUBAT MBALONG ELL- FIRDAUS KEDUNGREJA CILACAP). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Isnaeni Sofi Farida_Analisis Pola Pengembangan Badan Usaha Milik Pesantren Hidmah Jaya Sejahtera (BUMP HJS) Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Kemandirian Ekonomi Pesantren.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang saat ini tidak hanya fokus pada pengembangan pemahaman keagamaan saja tetapi bagaimana pengembangan pesantren menjadi mandiri dengan tidak hanya mengandalkan biaya syahriah santri dan tabungan kiai. Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, pesantren mendirikan unit- unit usaha untuk mengembangkan pesantren. Unit-unit usaha di beberapa pesantren memiliki badan usaha. Termasuk di Pondok Pesantren Rubat Mbalong Ell-Firdaus yang mendirikan Badan Usaha Milik Pesantren Hidmah Jaya Sejahtera sebagai sarana pembelajaran bidang ekonomi untuk mencapai kemandirian ekonomi pesantren. Badan Usaha Milik Pesantren Hidmah Jaya Sejahtera merupakan lembaga pengembangan ekonomi pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Pola pengembangan Badan Usaha Milik Pesantren Hidmah Jaya Sejahtera (2) Faktor pendukung dan penghambat pengembangan Badan Usaha Milik Pesantren berbasis ekonomi kreatif dalam kemandirian ekonomi pesantren. Penelitian ini merupakan jenis penelitian laangan (field reseacrh) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Dan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola pengembangan Badan Usaha Milik Pesantren Hidmah Jaya Sejahtera berbasis ekonomi kreatif dengan menyediakan wadah belajar berupa unit-unit usaha diberbagai bidang. Kemudian pada pengembangannya dengan menerapkan empat fungsi manajemen yang meliputi planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating ( pelaksanaan), dan conrolling (pengawasan) dalam pelaksanaannya sudah berjalan cukup baik, kecuali pada kegiatan pengambilan keputusan pada fungsi perencanaan dalam menghadapi persoalan, serta pelaksanaan kegiatan fungsi pengawasan yang belum berjalan dengan baik dan semestinya. Dan adanya BUMP HJS sangat membantu pada kemandirian ekonomi pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Kreatif, Kemandirian Ekonomi Pesantren dan Pengembangan BUMP Hidmah Jaya Sejahtera
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Isnaeni Sofi Farida sdri
Date Deposited: 29 Jul 2023 01:01
Last Modified: 29 Jul 2023 01:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21491

Actions (login required)

View Item View Item