MANAJEMEN PRODUKSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN LUMPING ( Studi Kasus Home Industry Takut Kaya Desa Kaliwadas Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes)

Azam, Khoirul Falah (2023) MANAJEMEN PRODUKSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN LUMPING ( Studi Kasus Home Industry Takut Kaya Desa Kaliwadas Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes). Skripsi thesis, UIN PROF.K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
Azam Khoirul Falah_MANAJEMEN PRODUKSI LUMPING.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Beberapa wilayah di Kabupaten Brebes memiliki potensi besar salah satunya di Desa Kaliwadas Kecamatan Bumiayu yaitu kerajinan rebana yang berdiri sejak tahun 1954 hingga sekarang mengalami perkembangan pesat dan meluas dalam membuat ragam jenis rebana. Untuk memproduksi rebana para pengrajin di Desa Kaliwadas memperoleh bahan baku lumping dari berbagai sumber ada yang membuat sendiri dan membeli lumping di tempat produksi lumping yang terkenal di Desa Kaliwadas yaitu Home Industry “Takut Kaya”. Home industry ini mulai dirintis pada tahun 2012 oleh wirausahawan bernama Bapak Mukhtadi. Setiap hari Home Industry Takut Kaya memproduksi lumping, bahan dasar dari lumping tersebut yaitu kulit kambing dan kulit sapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen produksi dalam meningkatkan volume penjualan pada sentra pembuatan lumping dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi pada proses produksi lumping. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan manajemen produksi pada Home Industry Takut Kaya berjalan efektif ditandai dengan penerapan fungsi manajemen seperti: fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi pengarahan, dan fungsi pengendalian yang dilaksanakan dalam kegiatan produksi lumping. Dalam setiap minggu ada pengiriman produk lumping ke luar kota. Dari segi bahan baku juga terpenuhi karena pemilik sudah memiliki langganan tempat penjagalan hewan berbagai luar kota. Kemudian volume penjualan pada Home Industry Takut Kaya berjalan dengan stabil dan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Manajemen Produksi, Volume Penjualan, Home Industry
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Depositing User: Azam Khoirul Falah sdr
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:57
Last Modified: 28 Jul 2023 06:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21490

Actions (login required)

View Item View Item