IMPLEMENTASI MANAJEMEN KTSP TINGKAT MIKRO DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMK CBM PURWOKERTO

EKO ARI MURTOYO, 102333072 (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KTSP TINGKAT MIKRO DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMK CBM PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
EKO ARI MURTOYO_IMPLEMENTASI MANAJEMEN KTSP TINGKAT MIKRO DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMK CITRA BANGSA MANDIRI PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (966kB) | Preview

Abstract

Dalamsistempendidikan, kurikulumberfungsisebagaialatmencapaitujuanyaitumampumengantarkanpesertadidikmelaluikegiatanbelajarmengajar. Hal ini yang menjadikan kurikulum memegang peranan penting dalam lembaga pendidikan atau sekolah. Ini cukup beralasan karena hampir seluruh kegiatan pembelajaran di dalam maupun di luar sekolah berkiblat terhadap konsep dan tujuan yang telah direncanakan dan semua itu terangkum dalam kurikulum. Kurikulum juga merupakan pemandu utama bagi penyelenggaraan pendidikan secara formal, yang menjadi pedoman bagi setiap guru, kepala sekolah, dan pengawas pendidikan dalam melaksanakan tugas mereka sehari-hari.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses dari implementasi manajemen KTSP pada mata pelajaran PAI di SMK CBM Purwokerto. Dengan implementasi manajemen KTSP pada mata pelajaran PAI ini diharapkan pembelajaran PAI bisa terlaksana dengan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMK CBM Purwokerto, Adapun pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh kemudian dinarasikan, diverifikasi dan disimpulkan. Dari analisis yang dilakukan penulis, bahwa implementasi manajemen KTSP tingkat mikro pada mata pelajaran PAI di SMK CBM Purwokerto meliputi: perencanaan KTSP, pelaksanaan KTSP, dan evaluasi KTSP. Sehingga dari penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa: Perencanaan KTSP pada pembelajaran PAI di SMK CBM Purwokerto yaitu masing-masing guru PAI membuat perangkat perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan kompetensi siswa dan kebutuhan masyarakat.Pelaksanaan KTSP oleh guru PAI dalam proses pembelajaran di kelas mengacu pada RPP yang telah disusun, yang mana sebelumnya dievaluasi oleh kepala sekolah terlebih dahulu. Dan Evaluasi yang dilakukan yaitu evaluasi internal atau sering juga disebut evaluasi diri, yang dilaksanakan oleh guru untuk memantau proses pelaksanaan dan mengevaluasi program-program yang telah dilaksanakan. Evaluasidilakukanterhadapperangkat-perangkatperencanaanpembelajaran.Evaluasiterhadapsaranadanprasaranasertahasilbelajar yang berupaulangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Manajemen, Kurikulum di SMK
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 16 Feb 2017 01:06
Last Modified: 16 Feb 2017 01:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2149

Actions (login required)

View Item View Item