PENGARUH LABEL HALAL, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK ORIFLAME DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA DI PURWOKERTO)

Dwi, Yastari (2023) PENGARUH LABEL HALAL, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK ORIFLAME DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dwi Yastari 1917201225_Skripsi_ Pengaruh Label Halal, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Oriflame dengan Promosi sebagai Variabel Mediasi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memutuskan pembelian sutu produk kosmetik diantaranya yaitu label halal, harga, kualitas produk dan promosi. Dalam penelitian ini membahas permasalahan dari fenomena masyarakat indonesia yang makin sadar akan pentingnya menjaga penampilan. Tetapi masih banyak kasus temuan produk kosmetik yang mengandung merkuri, zat berbahaya dan dijual secara ilegal. Ada juga kasus konsumen yang terpengaruh iklan karena menginginkan hasil yang instan. Hal ini seharusnya menjadikan konsumen lebih selektif dan berhati-hati lagi dalam memutuskan pembelian produk kosmetik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh label halal, harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Oriflame pada mahasiswa di Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Purwokerto, dengan sampel penelitian mahasiswa aktif di Purwokerto yang menggunakan kosmetik Oriflame sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan pengamatan apakah mahasiswa di Purwokerto dalam membeli produk kosmetik Oriflame melihat adanya label halal, mempertimbangkan harga, kualitas produk, dan promosi dengan memberikan seperangkat pernyataan menggunakan kuesioner. Melakukan dokumentasi yaitu dengan mencari data-data terkait gambaran umum perusahaan dan produk kosmetik Oriflame. Pada penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, analisis jalur (path analysis), dan uji sobel. Hasil dari penelitian ini yaitu tidak ada pengaruh yang signifikan antara variabel label halal dan harga terhadap promosi dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap promosi produk kosmetik Oriflame. Pada variabel label halal, harga dan kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosetik Oriflame, sedangkan promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Oriflame. Kemudian pada pengujian sobel hasilnya bahwa variabel promosi tidak dapat memediasi label halal, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik Oriflame.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kosmetik, Label Halal, Harga, Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian, Analisis Jalur (Path Analysis)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dwi Yastari sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:46
Last Modified: 28 Jul 2023 06:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21478

Actions (login required)

View Item View Item