ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF DALAM BERBELANJA PADA E-COMMERCE (STUDI KASUS MASYARAKAT GENERASI Z DI KABUPATEN BANYUMAS)

Kholifatun, Anisa (2023) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF DALAM BERBELANJA PADA E-COMMERCE (STUDI KASUS MASYARAKAT GENERASI Z DI KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Kholifatun Anisa_Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Dalam Berbelanja Pada E-Commerce (Studi Kasus Masyarakat Generasi Z di Kabupaten Banyumas).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

E-commerce di Indonesia mulai muncul sejak tahun 2000-an dan mulai ramai digunakan oleh masyarakat pada tahun 2014. Pada tahun 2021, Indonesia menjadi pengguna e-commerce tertinggi di dunia yaitu sebanyak 88,1% pengguna. Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya pengguna e-commerce serta tingginya transaksi belanja pada e-commerce yang menimbulkan adanya perilaku konsumtif. Menurut Kotler (2008) terjadinya perilaku konsumtif pada remaja, yaitu dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis terhadap perilaku konsumtif dalam berbelanja e-commerce. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat Generasi Z di Kabupaten Banyumas dengan jumlah sampel sebanyak 386 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS 26 for windows. Hasil penelitian pada uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Sedangkan berdasarkan hasil uji f menunjukkan bahwa variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis secara simultan atau secara bersama-sama juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dalam berbelanja dalam e-commerce pada masyarakat Generasi Z di Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis, Perilaku Konsumtif, E-commerce
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
600 Technology (Applied sciences) > 604 Special topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kholifatun Anisa
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:23
Last Modified: 28 Jul 2023 07:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21467

Actions (login required)

View Item View Item