PRAKTIK PEMBAYARAN PEMBUATAN SIM DENGAN MENGGUNAKAN SAMPAH PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS POLRESTA CIREBON)

Rayhan, Adam Firmansyah (2023) PRAKTIK PEMBAYARAN PEMBUATAN SIM DENGAN MENGGUNAKAN SAMPAH PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS POLRESTA CIREBON). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rayhan Adam Firmansyah_Praktik Pembayaran Pembuatan SIM dengan Menggunakan Sampah Perpektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Polresta Cirebon).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak sekali isu yang berkembang saat ini, khususnya di bidang muamalat. Persoalan hukum dimunculkan dengan beberapa contoh penerapan hukum perbuatan muamalah yang tidak sepenuhnya diatur dalam Al-Qur'an dan hadits, seperti membayar SIM dengan sampah. Suatu penyelenggaraan administrasi (SATPAS) Polresta Cirebon, Jawa Barat, merilis aplikasi khusus yang meniadakan keharusan masyarakat membayar uang untuk membuat Surat Izin Mengemudi (SIM). Sebaliknya, biaya peembayaran layanan pembuatan SIM bisa diganti dengan sampah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reserch) yaitu penelitian yang menggali data dari lapangan dengan mewawancarai narasumber. Data primer di dapatkan dari wawancara sedangkan data sekunder diperoleh dari artikel, buku -buku yang berkaitan dengan skripsi. Proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumetasi. Sedangkan metode analisis data nya menggunakan analisis deskriptif. Setelah melakukan penelitian mengenai peembayaran pembuatan SIM dengan sampah peneliti dapat menyimpulkan bahwa program tersebut sesuai dengan KHES dijelaskan dalam bagian ketiga tentang uang ijarah dan cara pembayarannya yaitu terdapat dalam pasal 307 (1) dijelaskan bahwa jasa ijarah dapat berupa uang, surat berharga dan atau benda yang lain berdasarkann kesepakatan. Maka sesuai dengan pasal dan ketentuan diatas praktik pembayaran pembuatann SIM dengan menggunakan sampah ini dibolehkan karena sesuai dengan syaratnya yaitu adanya kesepakatan diawal. Disisi lain sampah yang digunakan juga bukan sembarang sampah, sampah yang digunakan dalam akad ini adalah sampah yang apabila dijual masih bernilai dan juga dapat di daur ulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sampah, Hukum Ekonomi Syariah, Surat Izin Mengemudi
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law (perdata)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: RAYHAN ADAM FIRMANSYAH sdr
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:49
Last Modified: 28 Jul 2023 03:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21465

Actions (login required)

View Item View Item