MANAJEMEN PROGRAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA

Yulia, Wulandari (2023) MANAJEMEN PROGRAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Yulia Wulandari_Manajemen Program Pembentukan Karakter Mandiri Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Purba Adhi Suta Purbalingga.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Seiring perkembangan zaman maka semakin menunjukkan perhatian terhadap pendidikan anak, baik pemerintah maupun masyarakat semakin sadar bahwa pendidikan merupakan hak semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus. Dalam hal ini mereka perlu adanya bimbingan dan bantuan dari orang tua ataupun guru salah satunya adalah anak berkebutuhan khusus. Pendidikan karakter merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh guru dan orang tua pada anak berkebutuhan khusus karena dengan adanya pendidikan karakter diharapkan anak mampu secara individu untuk meningkatkan, mengkaji, dan merealisasikan serta mampu mengimplementasikan dalam kehidupan dan perilaku sehari-hari. Salah satu nilai yang ada dalam pendidikan karakter adalah kemandirian hal tersebut tentu sangat penting bagi anak berkebutuhan khusus mengingat mereka memerlukan perlakuan khusus untuk bisa memiliki sifat kemandirian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen program pembentukan karakter mandiri bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Purba Adhi Suta Purbalingga. Hal-hal yang diteliti meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pembentukan karakter mandiri. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, siswa, dan wali murid SLB Purba Adhi Suta Purbalingga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Pembentukan Karakter Mandiri, Manajemen Program
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yulia Wulandari
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:46
Last Modified: 28 Jul 2023 03:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21458

Actions (login required)

View Item View Item