PENGARUH LITERASI KEUANGAN, MODAL MINIMAL, FASILITAS ONLINE TRADING, RISK DAN RETURN TERHADAP MINAT BERINVESTASI REKSADANA SYARIAH PADA APLIKASI BIBIT (Studi Kasus pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Purwokerto)

EFRINIA, LAELATUL NISA (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, MODAL MINIMAL, FASILITAS ONLINE TRADING, RISK DAN RETURN TERHADAP MINAT BERINVESTASI REKSADANA SYARIAH PADA APLIKASI BIBIT (Studi Kasus pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
EFRINIA LAELATUL NISA_PENGARUH LITERASI KEUANGAN, MODAL MINIMAL, FASILITAS ONLINE TRADING, RISK DAN RETURN TERHADAP MINAT BERINVESTASI REKSADANA SYARIAH PADA APLIKASI BIBIT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi pada masa sekarang ini menunjukkan peningkatan ekonomi yang tinggi. Tentunya pada bidang investasi telah mengikuti kemajuan tersebut dengan menampilkan beberapa jenis investasi secara daring. Perkembangan tersebut memberikan bukti bahwa minat investor untuk melakukan investasi sudah semakin tinggi. Literasi keuangan menjadi salah satu faktor yang menentukkan investor untuk melakukan investasi. Selain itu modal minimal, fasilitas online trading, risk dan return juga menjadi faktor pertimbangan untuk melakukan investasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara parsial dan simultan variabel literasi keuangan, modal minimal, fasilitas online trading, risk dan return terhadap variabel minat investasi reksadana syariah pada Aplikasi Bibit. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasinya adalah mahasiswa perguruan tinggi di Purwokerto dengan jumlah sampel 120 responden. Teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian adalah purposive sampling. Analisis data meliputi uji keabsahan data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan alat bantu SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel literasi keuangan, fasilitas online trading dan return berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat investasi pada Aplikasi Bibit, sedangkan variabel modal minimal dan risk secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel minat investasi pada Aplikasi Bibit. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara simultan variabel literasi keuangan, modal minimal, fasilitas online trading, risk dan return berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat investasi pada Aplikasi Bibit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Modal Minimal, Fasilitas Online Trading, Risk, Return dan Minat Investasi.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Efrinia Laelatul Nisa sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:51
Last Modified: 28 Jul 2023 06:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21450

Actions (login required)

View Item View Item