IMPLEMENTASI PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATIC) BERBASIS LIFE SKILLS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MODERN SATU ATAP AL AZHARY KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Indah Ayu, Lestari (2023) IMPLEMENTASI PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATIC) BERBASIS LIFE SKILLS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MODERN SATU ATAP AL AZHARY KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
INDAH AYU LESTARI_ IMPLEMENTASI PENDEKATAN STEAM BERBASIS LIFE SKILLS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MODERN SATU ATAP AL AZHARY KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada jenjang pendidikan tingkat SD/MI kegiatan belajar mengajar menggunakan kurikulum 2013 yang mengintegrasikan pembelajaran tematik. Pembelajaran pada masa kini harus mampu menyiapkan siswa mengahadapi tantangan pendidikan abad 21. Salah satu pendekatan yang digunakan oleh guru adalah pendekatan STEAM berbasis life skill. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis implementasi pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic) berbasis life skills dalam pembelajaran teamtik di MI Modern Satu Atap Al Azhary Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru, siswa, dan kepala madrasah. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan pendekatan STEAM berbasis life skills di MI Modern Satu Atap Al Azhary. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman dengan mekanisme operasional meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran tematik di MI Modern Satu Atap Al Azhary menerapkan pendekatan STEAM berbasis life skills dengan mengacu pada Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018. Pelaksanaan pembelajaran meliputi 3 tahapan yaitu pendahuluan, inti dan penutup. Pada ketiga tahapan tersebut memuat komponen STEAM yang terdiri dari: 1) Science; 2) Technology: 3) Engineering; 4) Art; 5) Mathematic. Interaksi siswa melalui pendekatan STEAM yang dilaksanakan dalam pembelajaran tematik dapat melatih keterampilan siswa untuk berkomunikasi, berkolaborasi, berpikir kreatif, berpikir kritis dan pemecahan masalah sebagaimana yang termuat dalam keterampilan abada 21/ life skills. Evaluasi pembelajaran tematik yang dilaksanakan di MI Modern Satu Atap Al Azhary meliputi seluruh aspek kompetensi dalam kurikulum 2013. Kompetensi peserta didik yang dievaluasi meliputi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan STEAM, Life Skills, Pembelajaran Tematik
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Ayu Lestari sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:25
Last Modified: 28 Jul 2023 01:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21440

Actions (login required)

View Item View Item