PENGARUH KEPERCAYAAN, EFEKTIVITAS, DAN PROMOSI CASHBACK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG MENGGUNAKAN METODE PEMBAYARAN SHOPEEPAY PADA MAHASISWA DI PURWOKERTO

Deva, Kamila Putri (2023) PENGARUH KEPERCAYAAN, EFEKTIVITAS, DAN PROMOSI CASHBACK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG MENGGUNAKAN METODE PEMBAYARAN SHOPEEPAY PADA MAHASISWA DI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DEVA KAMILA_PENGARUH KEPERCAYAAN, EFEKTIVITAS, DAN PROMOSI CASHBACK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG MENGGUNAKAN SHOPEEPAY.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Revolusi Industri telah membawa perubahan signifikan terhadap cara hidup manusia. Semakin canggihnya teknologi digital masa kini membuat perubahan besar terhadap dunia, termasuk juga dalam dunia keuangan. Financial Technology (fintech) muncul dan berkembang seiring perubahan gaya hidup masyarakat yang saat ini didominasi oleh pengguna teknologi informasi dengan tuntutan hidup yang serba cepat. Produk Financial Technology yang sedang populer dikalangan mahasiswa yakni dompet digital. Salah satu dompet digital yang diminati oleh mahasiswa yaitu ShopeePay. Shopeepay hadir sebagai inovasi baru metode pembayaran yang menarik perhatian dan dapat mempengaruhi keputusan pembelian ulang konsumen untuk mencapai tujuan yang diinginkan sebuah bisnis. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kepercayaan, efektivitas, dan promosi cashback terhadap keputusan pembelian ulang menggunakan metode pembayaran ShopeePay pada mahasiswa di purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer berupa kuisioner. Populasi ditentukan menggunakan teknik Non-Probability Sampling degan pendekatan Purposive Sampling dan menggunakan teknik stratafied random sampling dengan kriteria pengguna applikasi Shopee, mahasiswa aktif UNSOED, UIN Purwokerto, UMP, dan Amikom Purwokerto, memiliki akun ShopeePay, pernah melakukan transaksi pembelian menggunakan ShopeePay lebih dari 1 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan, efektivitas dan promosi cashback secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang menggunakan ShopeePay. Berdasarkan hasil koefisien determinasi diperoleh persentase sebesar 62,8% (0,628), hal ini menunjukkan bahwa 62,8% keputusan pembelian ulang menggunakan ShopeePay dipengaruhi oleh kepercayaan, efektivitas dan promosi cashback. Sedangkan 37,2% keputusan pembelian ulang menggunakan ShopeePay dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas ruang lingkup penelitian. menambah variabel baru seperti kepribadian, gaya hidup, lingkungan dan juga memperluas cakupan daerah serta banyaknya jumlah responden.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kepercayaan, Efektivitas, Promosi Cashback, Keputusan Pembelian Ulang
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Deva Kamila Putri sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:32
Last Modified: 28 Jul 2023 01:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21435

Actions (login required)

View Item View Item