PENGARUH FACILITATING CONDITIONS, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), DAN CYBER CRIME TERHADAP MINAT MASYARAKAT PURWOKERTO UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING (BSI MOBILE)

IKHTIAR NURUL, IMAM SUBHEKTI (2023) PENGARUH FACILITATING CONDITIONS, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), DAN CYBER CRIME TERHADAP MINAT MASYARAKAT PURWOKERTO UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING (BSI MOBILE). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IKHTIAR NURUL IMAM SUBHEKTI_PENGARUH FACILITATING CONDITIONS, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), DAN CYBER CRIME TERHADAP MINAT MASYARAKAT PURWOKERTO UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING (BSI MOBILE).pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Transformasi digital pada perbankan telah mengakibatkan terjadinya pergeseran konsep dari traditional bank menjadi future bank, yakni beralihnya transaksi perbankan dengan menggunakan perangkat teknologi perbankan yang terikini. Seperti dalam bentuk layanan keuangan digital berupa mobile banking. Akan tetapi, dengan adanya perkembangan dan inovasi layanan keuangan digital tersebut kesadaran masyarakat Purwokerto untuk menggunakan layanan mobile banking masih rendah. Pada penelitian ini terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat masyarakat untuk menggunakan layanan mobile banking yaitu facilitating conditions, electronic word of mouth, dan cyber crime. Penerimaan teknologi tersebut dapat digambarkan melalui model dari Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara facilitating conditions, electronic word of mouth, dan cyber crime terhadap minat masyarakat Purwokerto untuk menggunakan layanan mobile banking (BSI Mobile). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan dihitung menggunakan rumus lemeshow sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 repsonden. Kemudian teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini dengan cara menyebarkan kuesioner. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan 3 variabel independen dan 1 variabel dependen. Namum sebelum melakukan analisis regresi linear berganda maka terlebih dahulu melakukan uji instrumen data dan uji asumsi klasik. Berdasarkan pada hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Facilitating conditions berpengaruh terhadap minat masyarakat Purwokerto untuk menggunakan BSI Mobile; 2) Electronic word of mouth (E-WOM) berpengaruh terhadap minat masyarakat Purwokerto untuk menggunakan layanan BSI Mobile; 3) Cyber crime berpengaruh terhadap minat masyarakat Purwokerto untuk menggunakan layanan BSI Mobile. Kemudian secara simultan, variabel facilitating conditions, electronic word of mouth, dan cyber crime berpengaruh dan signifikan terhadap minat masyarakat Purwokerto untuk menggunakan layanan mobile banking (BSI Mobile).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Facilitating Conditions, Electronic Word of Mouth, Cyber Crime, Minat, Mobile Banking, BSI Mobile
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
300 Social sciences > 360 Social services; association > 364 Criminology
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ikhtiar Nurul Imam Subhekti sdr
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:35
Last Modified: 28 Jul 2023 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21431

Actions (login required)

View Item View Item