KOMUNIKASI VISUAL DAKWAH DI MEDIA SOSIAL (Analisis Semiotika John Fiske Pada Akun Instagram @qomikin)

Indri, Nofita (2023) KOMUNIKASI VISUAL DAKWAH DI MEDIA SOSIAL (Analisis Semiotika John Fiske Pada Akun Instagram @qomikin). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FILE SKRIPSI 1717102017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, media sosial kini dapat digunakan untuk menyampaikan dakwah. Salah satunya disampaikan melalui gambar, seperti gambar unggahan instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk dan makna komunikasi visual dakwah pada akun instagram @qomikin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah semiotika John Fiske, dengan meneliti sebanyak 10 gambar postingan periode Oktober 2022 – Maret 2023. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis semiotika John Fiske melalui level pertama, realitas merupakan peristiwa yang ditandakan (encoded) atau menceritakan apa yang ada pada gambar. Tahap realitas menunjukkan komunikasi dakwah pada postingan akun @qomikin dalam bentuk tanda visual yaitu gambar dan teks (caption). Level kedua, representasi merupakan realitas terkode dalam encoded electronically yang harus ditampakkan pada technical codes. Tahap representasi menganalisis lebih dalam gambar dan caption untuk mencari sesuatu atau makna yang terkandung dalam 10 postingan akun @qomikin yang merepresentasikan komunikasi visual dakwah. Level ketiga, ideologi merupakan pandangan hidup serta kepercayaan yang ada di masyarakat, memunculkan pandangan yang mempengaruhi cara pandang seseorang setelah melihat postingan. Tahap ideologi, tergambarkan melalui unggahan akun @qomikin memberikan pandangan kepada pengikutnya tentang Al-Quran sebagai pedoman hidup setiap umat Islam supaya nantinya untuk senantiasa membaca, mempelajari, memahami maknanya serta menjadikannya dasar kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian berupa pesan dakwah yang terkandung dalam unggahan instagram akun @qomikin terdapat konten yang mengandung pesan dakwah tentang akhlak, pesan yang relatif paling banyak mendapat perhatian akun @qomikin. Sebanyak 9 postingan dari 10 postingan yang diteliti meliputi pesan akhlak kepada Allah SWT, pesan akhlak terhadap sesama manusia berupa pesan dalam berkehidupan sosial dan pesan akhlak terhadap diri sendiri berupa pesan-pesan yang membangun kualitas diri dan sifat-sifat mulia untuk terhindar dari akhlak buruk. Kata Kunci : Komunikasi Visual, Dakwah, Media Sosial, Semiotika John Fiske

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Visual, Dakwah, Media Sosial, Semiotika John Fiske
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Indri Nofita
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:08
Last Modified: 31 Jul 2023 02:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21430

Actions (login required)

View Item View Item