ANALISIS GAYA KOMUNIKASI NAJWA SHIHAB PADA PROGRAM SHIHAB & SHIHAB

Fatma, Ariffina (0023) ANALISIS GAYA KOMUNIKASI NAJWA SHIHAB PADA PROGRAM SHIHAB & SHIHAB. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fatma Ariffina_Analisis Gaya Komunikasi Najwa Shihab Pada Program Shihab & Shihab.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Menjadi seorang host dalam program talkshow tidak hanya mengandalkan penampilan, namun juga penting untuk memperhatikan gaya komunikasi yang digunakan. Penggunaan gaya komunikasi yang efektif dapat membantu mencapai tujuan komunikasi yang diharapkan. Program Shihab & Shihab merupakan program yang membahas topik-topik keagamaan yang dipandu oleh Najwa Shihab. Najwa Shihab menjadi host yang memiliki gaya khas tersendiri. Kepiawaiannya dalam berkomunikasi dan mewawancarai narasumber sudah tidak diragukan lagi. Hal ini terbukti dengan berbagai penghargaan yang pernah ia dapat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori gaya komunikasi milik Steward L. Tubbs dan Sylvia Moss. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjeknya program Shihab & Shihab di channel youtube Najwa Shihab dan objeknya adalah gaya komunikasi Najwa Shihab.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti memperoleh data dengan menganalisis tujuh video menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria berasal dari program shihab & shihab di youtube Najwa Shihab dengan jumlah penonton terbanyak setiap tahunnya. Hasil penelitian ini menunjukkan gaya komunikasi yang digunakan Najwa Shihab yakni gaya komunikasi the equalitarian style, the relinquishing style, dan the structuring style. The equalitarian style, digunakan Najwa Shihab untuk membangun kesetaraan komunikasi dengan narasumber maupun audiens. The relinquishing style Najwa Shihab ditandai dengan memberikan ruang kepada narasumber untuk menyampaikan sudut pandang secara luas dan mendukung pandangannya. The structuring style digunakan untuk mengutarakan pesan secara objektif dan terstruktur. Selain itu, gaya komunikasi Najwa Shihab juga memuat beberapa aspek seperti: 1) Aspek dramatic yang mengandung permainan suara, 2) Aspek animated expressive ditandai dengan kontak mata, ekspresi wajah, gesture, dan gerak badan yang membantu menyampaikan pesan lebih jelas dan meyakinkan. 3) Aspek open, ditandai dengan sikap terbuka dan percaya diri, 4) Aspek argumentative, Najwa Shihab dapat berargumen dalam beberapa topik yang dibahas, 5) Aspek relaxed, ditandai dengan memiliki sikap positif dan saling mendukung pandangan orang lain, 6) Aspek attentive, Najwa Shihab menjadi pendengar yang aktif, 7) Aspek friendly, ditandai dengan sikap ramah dan sopan saat mengirim pesan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Komunikasi, Najwa Shihab, Youtube
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
800 Literature and rhetoric > 808 Rhetoric and collections of literature
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fatma Ariffina sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:32
Last Modified: 28 Jul 2023 03:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21418

Actions (login required)

View Item View Item