PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI MELALUI PROGRAM TAHFIDZ (Studi Kasus Pimpinan Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Grendeng Purwokerto Utara)

Mei Listiani, Listiani (2023) PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI MELALUI PROGRAM TAHFIDZ (Studi Kasus Pimpinan Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Grendeng Purwokerto Utara). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MEI LISTIANI_PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI MELALUI PROGRAM TAHFIDZ (Studi Kasus Pimpinan Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Grendeng Purwokerto Utara).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat, lingkungan pendidikan formal, maupun non formal. Melihat realita yang ada, banyak orang berpendidikan yang memiliki tingkat kecerdasan intelektual, dan kecerdasan emosional tinggi, namun kurang menerapkan sikap dan perilaku yang baik, bahkan minimnya kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Sebagaimana tugas utama sebuah lembaga pendidikan non formal tidak hanya meningkatkan kualitas intelektual saja, melainkan dapat menanamkan nilai perubahan sikap dan kepribadian santri, salah satunya adalah nilai religius atau kecerdasan spiritual. Maka sebagai wujud untuk merealisasikan hal tersebut, lembaga pendidikan pesantren lebih mengutamakan proses perubahan pada santri melalui program tahfidz, dengan diterapkannya program tahfidz diharapkan dapat menuntun santri terutama dalam aspek pengembangan kecerdasan spiritual santri. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Grendeng, waktu pelaksanaan bulan April sampai Mei 2023. Tujuan penelitian menjelaskan mengenai pengembangan kecerdasan spiritual santri melalui program tahfidz. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kegiatan program tahfidz di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Grendeng dapat peneliti klasifikasikan berdasarkan aspek internal berupa niat dan motivasi santri, aspek eksternal berupa peran kiai, pengurus, manajemen waktu, dan faktor lingkungan sosial, serta metode pelaksanaan kegiatan berdasarkan dimensi lafadz, dimensi makna, dan dimensi amaliyah. Melalui program tahfidz ini dapat mengembangkan kecerdasan spiritual santri dengan menanamkan dan membiasakan diri santri untuk meningkatkan kecintaan dan senantiasa dekat dengan Tuhan, melatih kebiasaan santri untuk peka terhadap situasi kondisi, melatih santri mengenali diri, mengaktifkan hati, membenahi karakter diri, melatih kesabaran, meningkatkan syukur, tanggung jawab, melatih santri menerapkan makna al-Qur’an dalam kehidupan untuk bermuara kepada Tuhan dalam menghadapi persoalan dan sebagai sumber dalam mengambil keputusan spiritual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, Program Tahfidz, Pondok Pesantren
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mei Listiani
Date Deposited: 29 Jul 2023 04:34
Last Modified: 29 Jul 2023 04:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21416

Actions (login required)

View Item View Item