PELAKSANAAN PARENTING DALAM MEMBIMBING ANAK PENGHAFAL AL QUR’AN DI YAYASAN MABADI QUR’ANIL ‘AZIZ KECAMATAN SUMBANG

Catur Syawalia, Yanuar (2023) PELAKSANAAN PARENTING DALAM MEMBIMBING ANAK PENGHAFAL AL QUR’AN DI YAYASAN MABADI QUR’ANIL ‘AZIZ KECAMATAN SUMBANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
CATUR SYAWALIA YANUAR_PELAKSANAAN PARENTING DALAM MEMBIMBING ANAK PENGHAFAL AL-QUR'AN DI YAYASAN MABADI QUR'ANIL 'AZIZ KECAMATAN SUMBANG.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Orang tua penting mempelajari mengenai seperti apa cara yang tepat dalam proses mendidik ataupun membimbing anak yang baik dan benar terutama sesuai dengan ajaran Islam. Allah sudah mengilhamkan naluri pengasuhan pada setiap orang tua. Sehingga, tentunya peran parenting yang diadakan oleh sebuah yayasan memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan peran parenting dalam membimbing anak penghafal Al-Qur’an di Yayasan Mabadi Qur’anil ‘Aziz Kecamatan Sumbang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian melalui pendekatan deskriptif kualitatif serta menggunakan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, dilanjutkan dengan menyajikan data serta menganalisisnya dalam pembahasan. Penelitian ini dilakukan kepada 9 orang subjek terdiri dari 6 subjek orang tua, 2 ustadzah yang mengajar, 1 kepala yayasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelaksanaan kegiatan parenting ini terdiri daripertemuan orang tua atau kelas orang tua, acara pertemuan di luar kelas, konsultasi orang tua dengan pihak guru-guru atau kepala yayasan, serta kunjungan rumah atau home visit. Kemudian, peran bagi orang tua dalam memberikan bimbingan terhadap anak-anaknya yang sedang berproses menjadi penghafal Al-Qur’an terkhusus pada tingkatan kelas RUTABA (Rumah Tahfidz Balita dan Anak) serta TK Tahfidz, dapat dilihat dari manfaatnya seperti orang tua dapat menyamakan kurikulum pendidikan anak di sekolah dan di rumah, orang tua mempunyai pengetahuan mengenai cara belajar anak, orang tua mempunyai pengetahuan terhadap perkembangan anak, orang tua mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam membimbing anak penghafal Al-Qur’an di rumah, dapat menjalin hubungan baik antara orang tua dan pihak sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan anak dimana menjadikan anak sebagai generasi yang mencintai Al-Qur’an dengan mau belajar membaca, menghafalkan serta mengamalkan karakter Qur’ani pada tingkah laku terhadap diri sendiri ataupun orang lain dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Parenting, Membimbing, Anak Penghafal Al-Qur'an
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.1 Filsafat > 2x7.15 Psikologi Agama Islam
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.2019 Psikologi Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.23 Materi Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Catur Syawalia Yanuar sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:25
Last Modified: 28 Jul 2023 06:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21406

Actions (login required)

View Item View Item