PENGARUH RELIGIUSITAS DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH KPR SYARIAH DENGAN PENGETAHUAN PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BTN KC Syariah Tegal)

Rizki, Faozah (2023) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH KPR SYARIAH DENGAN PENGETAHUAN PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BTN KC Syariah Tegal). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rizki Faozah_Pengaruh Religiusitas Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Memilih KPR Syariah Dengan Pengetahuan Produk Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BTN KC Syariah Tegal).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

KPR Syariah menjadi solusi masyarakat dalam memiliki rumah dengan cara cicilan dan yang sesuai dengan hukum Islam. Banyak hal yang melatarbelakangi seseorang memutuskan memilih KPR Syariah seperti pengaruh religiusitas, kualitas produk serta pengetahuan produk. Studi ini dilakukan pada Bank BTN KC Syariah Tegal sebagai lokasi penelitian, Dalam konteks perbankan syariah, pengaruh religiusitas dan kualitas produk serta peran pengetahuan produk dalam proses pengambilan keputusan menjadi hal yang perlu dipertimbangkan oleh Bank BTN KC Syariah Tegal dalam merancang strategi pemasaran dan meningkatkan kepuasan nasabah. Metode penelitian yang digunakan ialah dengan pendekatan kuantitatif. Data primer dari populasi nasabah maupun masyarakat umum yang ada di Tegal dan sekitarnya yang memiliki ketertarikan terhadap produk KPR Syariah di Bank BTN KC Syariah Tegal dengan sampel sebanyak 100 responden. Pengubahan data ordinal ke data interval dibantu dengan metode suksesif interval (MSI), yang kemudian dilanjutkan dengan teknik analisis datanya dengan metode analisis regresi linier, analisis regresi berganda, analisis jalur (path analysis) dan uji sobel dengan alat bantu SPSS dan kalkulator uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas dan kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap pengetahuan produk dibuktikan dengan nilai Adjust R Square sebesar 0,439 atau 43,9%. Selanjutnya religiusitas dan kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan memilih dan pengetahuan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih dibuktikan dengan nilai Adjust R Square sebesar 0,680 atau 68%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Kualitas Produk, Pengetahuan Produk, Keputusan Memilih.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:21
Last Modified: 28 Jul 2023 07:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21401

Actions (login required)

View Item View Item