PENGARUH SERTIFIKASI HALAL DAN KESADARAN HALAL TERHADAP TINGKAT PENJUALAN DAN KEBERKAHAN BISNIS (STUDI KASUS PADA PELAKU USAHA DI PURWOKERTO)

Ahmad, Rifai (2023) PENGARUH SERTIFIKASI HALAL DAN KESADARAN HALAL TERHADAP TINGKAT PENJUALAN DAN KEBERKAHAN BISNIS (STUDI KASUS PADA PELAKU USAHA DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Ahmad Rifai_Pengaruh Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal Terhadap Tingkat Penjualan dan Keberkahan Bisnis (Studi Kasus Pada Pelaku Usaha di Purwokerto).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Purwokerto merupakan daerah yang berkembang dan menjadi pusat dari Kabupaten Banyumas, sehingga banyak berkembang pelaku usaha di Purwokerto. Tinggi rendahnya tingkat penjualan bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor internal maupun eksternal. Faktor internal disini meliputi sertifikasi halal dan kesadaran halal itu sendiri. Kemudian untuk keberkahan usaha itu bisa diraih dari diri sendiri seperti halnya dengan melakukan sertifikasi halal dan kesadaran akan halal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sertifikasi halal dan kesadaran halal terhadap tingkat penjualan dan keberkahan bisnis pada pelaku usaha di Purwokerto. Fokus dalam penelitian ini adalah pelaku usaha di Purwokerto. Kemudian untuk teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan non-probability tepatnya menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji Spearman Rank, uji korelasi Kendall W, dan analisis Regresi Ordinal dengan aplikasi SPSS Statistics 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap Tingkat Penjualan dan keberkahan bisnis pada pelaku usaha di Purwokerto. Kemudian berdasarkan analisis Regresi Ordinal dan hasil Uji Parameter wald pada tabel menggambarkan bahwa nilai signifikansi pada masing-masing variabel baik variabel sertifikasi halal dan kesadaran halal menunjukkan bahwa secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Tingkat Penjualan dan Keberkahan Bisnis pada pelaku usaha di Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal,Tingkat Penjualan dan Keberkahan Bisnis
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ahmad Rifai sdr
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:55
Last Modified: 28 Jul 2023 08:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21399

Actions (login required)

View Item View Item