RESPON PENONTON TERHADAP PESAN DAKWAH DALAM PODCAST YOUTUBE KOPIPANAS CHANNEL (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL)

Siti, Prihatin Ningsih (2023) RESPON PENONTON TERHADAP PESAN DAKWAH DALAM PODCAST YOUTUBE KOPIPANAS CHANNEL (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SITI PRIHATIN NINGSIH_RESPON PENONTON TERHADAP PESAN DAKWAH DALAM PODCAST YOUTUBE KOPIPANAS CHANNEL(Studi Etnografi Virtual).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu pesat mampu membuka segmen baru dalam dunia dakwah. Munculnya metode dakwah baru dan kekinian dapat dilakukan oleh para pendakwah untuk menyebarluaskan ajaran Islam agar bisa diterima oleh mad’u atau masyarakat sebagai sasaran dakwah. Salah satu media baru dalam dunia dakwah yaitu media sosial khususnya podcast. Penggunaan podcast untuk berdakwah menjadi hal yang menarik untuk untuk diteliti, terkait bagaimana perhatian para mad’u online dalam menerima pesan dakwah. Penulis berusaha meneliti terkait bagaimana respon penonton terhadap pesan dakwah dalam channel youtube kopipanas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan studi pendekatan etnografi virtual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon penonton terhadap pesan dakwah dalam podcast youtube kopipanas channel. Penulis mengkaji penelitian ini dengan menggunakan Analisis Media Siber yang didalamnya terdapat empat level penelitian, yaitu ruang media, dokumen media, objek media, dan level pengalaman media. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa ditemukan beberapa respon penonton yang dikelompokan menjadi tiga aspek, yaitu kognitif, afektif dan konatif. Respon kognitif penonton terhadap pesan dakwah dalam podcast Kopipanas Channels adalah positif. Respon afektif hasilnya ada yang positif dan ada yang negatif. Untuk respon konatif belum ditemukan dalam penelitian ini. Para penonton lebih banyak merespon berdasarkan aspek pengetahuan dan perasaan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Respon, Podcast Youtube, Pesan Dakwah, Etnografi Virtual
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Prihatin Ningsih sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:54
Last Modified: 28 Jul 2023 06:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21398

Actions (login required)

View Item View Item