Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PAI di SD Alam Baturraden Banyumas

Khusnul, Maslakhah (2023) Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PAI di SD Alam Baturraden Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Khusnul Maslakhah_Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran PAI di SD Alam Baturraden Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Melihat kualitas pendidikan yang semakin menurun, Mendikbud mencanangkan kurikulum merdeka belajar sebagai solusi untuk meningkatkan kembali kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan adanya kurikulum merdeka belajar ini akan menjadi penyempurna dari kurikulum sebelumnya. Kurikulum merdeka belajar ini juga sebagai titik tolak perubahan pada konsep pembelajaran PAI yang sejauh ini dinilai sebagai pembelajaran yang mengutamakan pendidikan karakter saja, sehingga dinilai sangat monoton dan membosankan bagi peserta didik. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan adamya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran PAI yang ada di SD Alam Baturraden, dari mulai tahap perencanaan, tahap pelaksanaaan dan tahap evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Lokasi yang dijadikan tempat penelitian adalah SD Alam Baturraden yang beralamat di Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas. Dengan subjek penelitian Manager Pendidikan, Kepala Sekolah, fasilitator kelas IV dan guru mengaji. Untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran PAI di SD Alam Baturraden yaitu: Pertama, pada tahap perencanaan fasilitator membuat lesson plan untuk kegiatan pembelajaran indoor. Weekly plan dan yearly plan untuk pembelajaran outdoor disesuaikan dengan CP, TP dan ATP pada pembelajaran PAI. Kedua, tahap pelaksanaan pembelajaran PAI dengan kurikulum merdeka belajar dilaksanakan melalui pembelajaran indoor dan outdoor, untuk kegiatan indoor berupa penyampaian materi PAI di dalam kelas, kemudian untuk kegiatan outdoor berupa eksplorasi kelas, farming, market day, outbound, qur’anic camp dan live ini study. Ketiga. Tahap evaluasi, untuk evaluasi pembelajaran PAI dilaksanakan dengan asesmen sumatif untuk kegiatan indoor dan asesmen formatif untuk kegiatan outdoor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran PAI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnul Maslakhah sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:53
Last Modified: 28 Jul 2023 06:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21397

Actions (login required)

View Item View Item