Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Okupansi Di Margin Syariah Hotel Purwokerto

Halla, Sajidda (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Okupansi Di Margin Syariah Hotel Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Halla Sajidda_Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Okupansi di Margin Syariah Hotel Purwokerto (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Industri hotel syariah telah menjadi sektor yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim. Hotel syariah memiliki karakteristik yang unik dan khusus dalam menyediakan layanan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Namun, penelitian yang terbatas tentang strategi pemasaran khusus untuk hotel syariah menunjukkan adanya kebutuhan untuk lebih memahami pendekatan yang efektif dalam memasarkan hotel syariah dan meningkatkan tingkat okupansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan okupansi kamar di Margin Syariah Hotel Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah gabungan antara tinjauan pustaka dan analisis deskriptif. Melalui tinjauan pustaka, penelitian ini mengeksplorasi literatur terkait strategi komunikasi pemasaran dan aspek-aspek penting yang harus dipertimbangkan oleh pihak Margin Syariah Hotel. Analisis deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi okupansi kamar dengan strategi komunikasi pemasaran pada hotel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan untuk meningkatkan okupansi kamar di margin syariah hotel. Pertama, sebelum menentukan strategi komunikasi seperti apa yang nantinya digunakan, penting untuk mengidentifikasi dan memahami konsep pemasaran yang biasa disebut dengan marketing mix atau bauran pemasaran yang terdiri dari produck, price, place, promotion. Kedua, hotel perlu mengkomunikasikan keunggulan dan ciri khas mereka sebagai hotel Margin Syariah melalui bauran promosi atau promotions mix yang terdiridari advertising, sales promotions, personal selling, public relations (pemberian pelayanan maksimal), dan direct marketing. Model komunikasi membantu perusahaan dalam merencanakan, mengirim, dan menerima umpan balik dari pesan pemasaran mereka kepada konsumen, sehingga mempengaruhi proses bauran promosi secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Bauran Promosi, Model Komunikasi, Okupansi Hotel Syariah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Halla Sajidda sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:02
Last Modified: 28 Jul 2023 07:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21394

Actions (login required)

View Item View Item