IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

Khotimatul, Maulidah (2023) IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Khotimatul Maulidah_Implementasi Model Discovery Learning Dalam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Di SMA Negeri 1 Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti merupakan dua mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam pengembangan nilai-nilai moral, etika, dan spiritualitas siswa. Namun, tantangan guru saat ini perlu membantu siswa memahami dan menerapkan nilai-nilai moral,etika dan spiritual dalam kehidupan sehari-hari. Masalah ini termasuk kurangnya keterlibatan siswa, kesulitan guru dalam memotivasi siswa, serta keterbatasan dalam mengembangkan pemahaman yang mendalam dan aplikasi nilai-nilai yang dipelajari. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengatasi tantangan ini adalah pendekatan pembelajaran aktif yang dikenal dengan Discovery Learning. Model pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran, di mana mereka dapat mengeksplorasi, mengamati, dan menemukan pengetahuan melalui interaksi langsung dengan materi pelajaran. Siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang konsep-konsep keagamaan dan moral melalui eksplorasi aktif, observasi, dan refleksi. Mereka juga dapat mengembangkan keterampilan berfikir kritis dalam menganalisis nilai-nilai yang dipelajari dan menerapkannya dalam situasi kehidupan nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menganalisis implementasi Model Discovery Learning dalam pembelajaran Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah studi kasus, dan menggunakan jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut kemudian di analisis dengan cara mereduksi data, display data, dan kemudian di tarik kesimpulan. . Sedangkan teknik triangulasi digunakan untuk keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: implementasi model discovery learning dalam mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMA Negeri 1 Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap dilakukan melalui tiga kegiatan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam perencanaan model discovery learning tertuang pada silabus dan kembangkan melalui RPP, pelaksanaan model discovery learning dilakukan dalam tiga tahap yaitu: kegiatan Pendahuluan, inti dan penutup. Sedangkan evaluasi menggunakan cara non tes dan teknik tes.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.2 Al Qur'an dan Terjemah
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.9 Islam tentang Agama/ Aliran Lain
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khotimatul Maulidah sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:43
Last Modified: 28 Jul 2023 07:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21391

Actions (login required)

View Item View Item