Ulin Navissaroh, 1223301166 (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD AL-IRSYAD 01 PURWOKERTO Ulin Navissaroh NIM.1223301166. Skripsi thesis, IAIN.
![]() |
Text
ULIN NAVISSAROH_IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK.pdf Restricted to Registered users only Download (957kB) |
|
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (311kB) | Preview |
Abstract
Pendekatan saintifik merupakan proses pembelajaran yang menggunakan proses berpikir ilmiah. Pendekatan ilmiah dapat dijadikan jembatan untuk perkembangan dan pengembangan sikap, ketrampilan dan pengetahuan peserta didik. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran mencakup lima komponen : mengamati, menanya, mengeksplore, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Karena proses pembelajaran saat ini masih belum terlaksana dengan baik terutama pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, maka perlu adanya perubahan pada proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan proses belajar berpikir ilmiah atau yang biasa disebut dengan pendekatan saintifik. Karena itulah penulis tertarik untuk mengetahui “Bagaimana Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Al-Irsyad 01 Purwokerto?”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendetail pelaksanaan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Al-Irsyad 01 Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif.Lokasi yang diteliti adalah SD Al-Irsyad 01 Purwokerto. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam kelas V dan peserta didik kelas V. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. eknik analisis data yang digunakan meliputi Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Verifikasi (Conclusion). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah yang dilakukan guru dari perencanaan sampai pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik sudah diterapkan dengan baik di SD Al-Irsyad 01 Purwokerto . Terlihat dari guru yang mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari pembuatan RPP, media dan worksheet (intrumen penilaian). Kurangnya kelengkapan administrasi dan kerapian dalam RPP sangat perlu diperhatikan. Kemudian pada pelaksanaannya guru juga sudah menggunakan langkah-langkah pendekatan saintifik yaitu dari mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Walaupun masih ada beberapa yang kurang sesuai. Sebagian besar pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik terlihat dari anyaknya siswa yang berantusias dalam mengikuti proses pembelajaran dengan aktif bertanya dan aktif mencari tentang materi yang belum diketahui.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pendekatan Saintifik, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 07:23 |
Last Modified: | 14 Feb 2017 07:23 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2139 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |