PERAN PENGURUS DALAM PENGELOLAAN EMOSI DAN ADAPTASI PADA SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL WILDAN NIHAYATUL AMAL CIREBON

Anisah, Anisah (2023) PERAN PENGURUS DALAM PENGELOLAAN EMOSI DAN ADAPTASI PADA SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL WILDAN NIHAYATUL AMAL CIREBON. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Anisah_Peran Pengurus Dalam Pengelolaan Emosi dan Adaptasi Pada Santri Baru di Pondok Pesantren Tarbiyatul Wildan Nihayatul Amal Cirebon.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PERAN PENGURUS DALAM PENGELOLAAN EMOSI DAN ADAPTASI PADA SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL WILDAN NIHAYATUL AMAL CIREBON Anisah 1917101141 ABSTRAK Pondok Pesantren merupakan Lembaga Pendidikan yang paling tua yang ada di Indonesia. Santri yang tinggal di pesantren mulai dari kanak-kanak sampai dewasa. Santri yang tergolong kanak-kanak biasanya berada di kelas 1 sekolah dasar sekitar umur 6-7 tahun yang memiliki perkembangan fisik dan mental yang signifikan dan tidak stabil. Berbagai keadaan emosi serta adaptasi pada santri baru yang berada di kelas 1 SD, yang jauh dari pendampingan orang tua secara langsung. Tentunya dukungan serta peran dari pengurus pondok pesantren sangat penting bagi santri baru dalam membantu pengelolaan emosi pada proses adaptasi selama di pondok pesantren. Penelitian ini fokus penelitiannya mengenai peran pengurus dalam pengelolaan emosi dan adaptasi pada santri di kelas 1SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja peran pengurus dalam pengelolaan emosi dan adaptasi pada santri baru kelas 1 SD di Pondok Pesantren Tarbiyatul Wildan Nihayatul Amal Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif dengan. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdapat tiga pengurus pondok dan lima santri baru yang berada di kelas satu SD. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Berdasarkan pengumpulam data dan analisis data yang dilakukan oleh peneliti, hasil peneltian ini menunjukan bahwa dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya pengurus pondok pesantren memiliki peranan penting dalam proses adaptasi serta pengelolaan emosi santri baru tersebut. karena santri baru yang berada di kelas 1 SD masih membutuhkan adanya bimbingan dan arahan dari pengurus. Karena tidak semua santri baru memiliki emosi yang stabil pada tahapan adaptasi dengan lingkungan baru di pondok pesantren. Maka dari itu, peran pengurus dalam mengelola emosi dan adaptasi pada santri baru sangat berperan penting, khususnya dalam meningkatkan proses adaptasi serta mengelelola emosi pada santri baru kelas 1 SD di Pondok Pesantren Tarbiyatul Wildan Nihayatul Amal Cirebon. Kata Kunci: Peran, Pengurus, Pengelolaan Emosi, Adaptasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pengurus, Pengelolaan Emosi, Adaptasi
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Anisah Anisah
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:49
Last Modified: 28 Jul 2023 06:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21374

Actions (login required)

View Item View Item