INTERNALISASI KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT BANYUMAS

Fatimatuz, Zahroh (2023) INTERNALISASI KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Fatimatuz Zahroh_Internalisasi Karakter Disiplin Peserta Didik di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah tidak akan lepas dari berbagai peraturan dan tata tertib yang ada, mereka dituntut untuk dapat berperilaku sesuai dengan aturan dan tata tertib tersebut. Peserta didik yang mempunyai karakter disiplin akan senantiasa patuh dan taat terhadap peraturan-peraturan yang disertai keikhlasan hati dan tidak ada pelanggaran dalam menjalankannya. Meskipun disiplin berdampak positif bagi kehidupan, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak peserta didik yang kurang memperhatikan kedisiplinannya. Terjadinya perilaku tidak disiplin menunjukkan bahwa penting adanya internalisasi karakter disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai upaya guru dalam internalisasi karakter disiplin peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat Banyumas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan metode penelitian kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Lokasi yang digunakan ialah MI Darul Hikmah Bantarsoka yang beralamatkan di jalan Jendral Soedirman nomor 07, RT/RW 03/01, Desa Bantarsoka, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas. Dengan subjek utama penelitian meliputi guru kelas 1A dengan jumlah siswa 29 siswa, guru kelas 1B dengan jumlah siswa 31 siswa, dan guru kelas 1C dengan jumlah siswa 31 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya terdapat upaya guru dalam internalisasi karakter disiplin peserta didik di MI Darul Hikmah Bantarsoka, yaitu berupa keteladanan, pembiasaan, peraturan atau tata tertib, penghargaan atau reward, sanksi atau hukuman dan pengkondisian. Serta terdapat juga faktor yang mempengaruhi internalisasi karakter disiplin peserta didik di antaranya yaitu faktor kesadaran dari anak itu sendiri, guru dan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Internalisasi, Karakter, Disiplin
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fatimatuz Zahroh sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:42
Last Modified: 28 Jul 2023 07:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21367

Actions (login required)

View Item View Item