IMPLEMENTASI METODE ORAL DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK TUNARUNGU DI TKLB B YAKUT PURWOKERTO

Fatwati, Fuani Cahya Ningrum (2023) IMPLEMENTASI METODE ORAL DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK TUNARUNGU DI TKLB B YAKUT PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fatwati Fuani Cahya Ningrum_Implementasi Metode Oral Dalam Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak Tunarungu Di TKLB B Yakut Purwokerto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Anak tunarungu memiliki gangguan pada pendengaranya sehingga hal tersebut berpengaruh juga terhadap kemampuan bahasanya terutama bahasa lisannya yang ikut terhambat, diperlukan metode khusus seperti metode oral. Penerapan metode oral dalam pengembangan kemampuan bahasa pada anak tunarungu membantu menstimulasi anak untuk berbahasa secara lisan, maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan implementasi metode oral dalam pengembangan kemampuan berbahasa anak tunarungu di TKLB B Yakut Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian: kepala sekolah dan guru TKLB. Objek penelitian: implementasi metode oral dalam pengembangan kemampuan berbahasa anak tunarungu. Teknik pengumpulan data yang digunakan: teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lalu untuk menganalisis data yang diperoleh yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode oral ditunjukkan dalam kegiatan latihan artikulasi, setiap pagi siswa dibiasakan berlatih artikulasi dengan memanfaatkan media cermin. Latihan dilakukan dari dasar seperti artikulasi huruf vokal, huruf konsonan hal itu terus diulang sampai anak bisa dan ingat. Untuk mengenalkan kosa kata baru, guru menggunakan media gambar dan mencontohkan artikulasinya lalu anak meniru sampai bisa dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Oral, Perkembangan Bahasa, Anak Tunarungu
Subjects: 400 Language > 404 Special topics
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fatwati Fuani Cahya Ningrum
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:43
Last Modified: 28 Jul 2023 06:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21362

Actions (login required)

View Item View Item