PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN TIPE NHT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMPN 8 PURWOKERTO

Sevi, Aryani (2023) PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN TIPE NHT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMPN 8 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SEVI ARYANI_PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN TIPE NHT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 8 PURWOKERTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan potensi yang dimiliki oleh setiap individu, hal ini artinya setiap individu memiliki kemampuan untuk menganalisis, merencanakan, merancang dan mengatasai masalah. Banyak siswa yang masih memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, oleh karena itu diperlukan sebuah solusi agar kemampuan berpikir kreatif siswa tinggi. Salah satu solusi yang digunakan yaitu dengan menggunakan model dalam proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 276 siswa kelas VIII SMP N 8 Purwokerto. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan simple random sampling dengan undian dalam penentuan kelas eksperimen TGT dan kelas eksperimen NHT. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dua kelas dari delapan kelas dengan jumlah sampel sebanyak 69 siswa. Variabel penelitiannya merupakan kemampuan berpikir kreatif matematis. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan tes dalam bentuk uraian tes kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan uji t independent sample test yang telah ternormalisasi yang dikerjakan dengan program SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata antara kelas TGT dan kelas NHT yaitu 71,12 > 62,74 dan hasil dari uji t diperoleh = 0,004 < = 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa diterima dan ditolak, artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan tipe Numebered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIII di SMP N 8 Purwokertto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kreatif matematis, numbered head together, team games tournament
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sevi Aryani sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:38
Last Modified: 28 Jul 2023 06:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21359

Actions (login required)

View Item View Item