IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DI MIM 02 SIRAU KEMRANJEN BANYUMAS

CAHYO, PRASTYO BUDI (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DI MIM 02 SIRAU KEMRANJEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
CAHYO PRASTYO BUDI_IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KELAS IV DI MIM 02 SIRAU KEMRANJEN BANYUMAS-1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran kolaboratif adalah pembelajaran yang menggunakan cara kerja sama dua peserta ataupun lebih untuk dapat saling memberikan ide, menganalisa permasalahan dan menyelesaikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di MIM 02 Sirau Kemranjen Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah MI Muhammadiyah 02 Sirau Kemranjen Banyumas dengan sumber data yang diperoleh dari kepala sekolah, guru kelas IV dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model analisis yang meliputi triangulasi, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan minat belajar dibagi menjadi tiga tahapan, antara lain: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun hasil penelitian ini mempunyai langkah-langkah: siswa masuk kelas dan berdoa dengan dipimpin ketua kelas, guru menanyakan kabar dan mempresensi kehadiran siswa, guru memberikan ulasan materi kemarin. guru membagi siswa kelas IV menjadi 5 kelompok yang berisikan 3-4 orang, guru memberikan arahan untuk mengerjakan tugas secara bersama-sama, guru memberikan waktu untuk siswa presentasi hasil penugasan, guru memberikan kuis kepada peserta didik, guru memberikan apresiasi, guru memberikan evaluasi pembelajaran hari ini. Langkah tersebut sudah sesuai dengan strategi pembelajaran kolaboratif berbasis Student Team Achievement Divisions (STAD). Adapun bukti pembelajaran kolaboratif mampu meningkatkan minat belajar dapat terlihat dari beberapa indikator, diantaranya mudah menyelesaikan tugas, mengasah tanggung jawab, menjalin kekompakan, dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Kolaboratif, Minat Belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: CAHYO PRASTYO BUDI sdr
Date Deposited: 29 Jul 2023 03:02
Last Modified: 29 Jul 2023 03:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21358

Actions (login required)

View Item View Item