ANALISIS PENERAPAN PRAKTIK NON RIBA PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN MINAT PEDAGANG MENGGUNAKAN JASA KEUANGAN SYARIAH (STUDI KASUS PEDAGANG DI PASAR AJIBARANG)

Nisa, Khoeriyah (2023) ANALISIS PENERAPAN PRAKTIK NON RIBA PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN MINAT PEDAGANG MENGGUNAKAN JASA KEUANGAN SYARIAH (STUDI KASUS PEDAGANG DI PASAR AJIBARANG). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NISA_ANALISIS PENERAPAN PRAKTIK NON RIBA PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN MINAT PEDAGANG MENGGUNAKAN JASA KEUANGAN SYARIAH (STUDI KASUS PEDAGANG DI PASAR AJIBARANG).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peningkatan jumlah nominal kredit pembiayaan perdagangan baik besar maupun eceran pada bank syariah di Kabupaten Banyumas menjadi kesempatan bagi lembaga keuangan syariah untuk terus meningkatkan eksistensinya. Terutama pada sektor perdagangan di Pasar Ajibarang. Di mana Pasar Ajibarang adalah pasar dengan kategori kelas satu dan menjadi pusat kegiatan ekonomi di Kecamatan Ajibarang. Lokasi lembaga keuangan syariah yang berada strategis di depan Pasar Ajibarang dapat menjadi daya tarik agar pedagang berminat menggunakan lembaga keuangan syariah. Selain itu, dengan adanya penerapan praktik pada lembaga keuangan syariah yang terhindar dari gharar, maisir, dan riba diharapkan mampu untuk menarik minat pedagang menggunakan salah satu jasa yang ada di lembaga keuangan syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pedagang di Pasar Ajibarang. Penelitian ini dianalisa dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil yang diperoleh yaitu sebagian besar narasumber berminat menggunakan jasa keuangan syariah setelah mengetahui bahwa lembaga keuangan syariah menerapkan praktik non riba pada pelaksanaan kegiatannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: praktik non riba, minat, lembaga keuangan syariah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.8 Bunga (termasuk diskonto dan Riba)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Nisa Khoeriyah sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:34
Last Modified: 28 Jul 2023 06:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21357

Actions (login required)

View Item View Item