MANAJEMEN PROGRAM UNGGULAN PADA KELAS PERCONTOHAN AL-QUR'AN DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO

Diah Rosa, Anggraheni (2023) MANAJEMEN PROGRAM UNGGULAN PADA KELAS PERCONTOHAN AL-QUR'AN DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Diah Rosa Anggraheni_Manajemen Program Unggulan Kelas Percontohan Al-Qur'an.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka mengembangkan potensi hafalan Al-Qur’an, SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto menetapkan program kelas percontohan Al-Qur’an sebagai program unggulan sekaligus sebagai tolak ukur menarik minat siswa. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti manajemen program unggulan pada kelas percontohan Al-Qur’an di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif dengan objek penelitiannya program unggulan kelas percontohan Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis melalui metode reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, manajemen program unggulan pada kelas percontohan Al-Qur’an di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto telah berhasil dilaksanakan melalui beberapa langkah yaitu 1) Perencanaan, dengan menentukan pedoman seleksi yang akan diimplementasikan kemudian didalamnya memuat maksud dan tujuan program, persyaratan seleksi, tahapan seleksi, menentukan kelas berapa yang dapat menjadi peserta, menentukan time schedule seleksi program, menentukan nilai minimal, menentukan target hafalan, dan juknis penilaian. 2) Pengorganisasian, langkah yang ditempuh yaitu pembagian tugas dan wewenang pengurus dan seleksi peserta program. 3) Pemberian Motivasi, dengan memberikan penguatan kepada guru dan siswa selama proses pelaksanaan program. 4) Pengkoordinasian, berupa pemantauan dan evaluasi perkembangan program, mengidentifikasi kendala yang mungkin muncul, dan merencanakan penanganan yang mungkin diperlukan. 5) Penilaian atau pengawasan, dilakukan dengan mengamati dan menilai progress pelaksanaan program. Maka, dapat disimpulkan manajemen program kelas percontohan Al-Qur’an sudah berjalan dengan baik yang dapat dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang diraih. Kata Kunci : Kelas Percontohan Al-Qur’an, Manajemen, Program

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kelas Percontohan Al-Qur’an, Manajemen, Program
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Diah Rosa Anggraheni sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:23
Last Modified: 28 Jul 2023 06:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21337

Actions (login required)

View Item View Item