MODEL PERPUSTAKAAN JALANAN SEBAGAI BENTUK GERAKAN SOSIAL DALAM MEMBANGUN BUDAYA LITERASI MASYARAKAT (Studi Kasus pada Perpustakaan Titik Koma di Taman Kota Ajibarang)

Muhammad Arif, Rachman (2023) MODEL PERPUSTAKAAN JALANAN SEBAGAI BENTUK GERAKAN SOSIAL DALAM MEMBANGUN BUDAYA LITERASI MASYARAKAT (Studi Kasus pada Perpustakaan Titik Koma di Taman Kota Ajibarang). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD ARIF RACHMAN_MODEL PERPUSTAKAAN JALANAN SEBAGAI BENTUK GERAKAN SOSIAL_FULL (1).pdf

Download (830kB) | Preview

Abstract

Keresahan akan kondisi literasi di Indonesia dan kritik atas perpustakaan pemerintah mendorong untuk mendirikan perpustakaan jalanan, salah satunya Perpustakaan Jalanan “Titik Koma” Ajibarang. Praktik literasi yang dijalankan memuat nilai-nilai literasi yang baru bagi dunia literasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis model gerakan sosial yang ditawarkan Perpustakaan Jalanan “Titik Koma” Ajibarang, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi dalam membangun budaya literasi masyarakat di Taman Kota Ajibarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan tahapan reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Peneliti juga melakukan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa Model gerakan sosial yang ditawarkan Perpustakaan Jalanan “Titik Koma” Ajibarang dalam membangun budaya literasi masyarakat cukup beragam, mulai dari kegiatan melapak baca buku gratis, berdiskusi, menulis, English club, menggambar, mendongeng, permainan tradisonal, dan musikalisasi puisi. Faktor pendukung: tingkat kesadaran sosial yang tinggi, integritas pegiat, dan pembelajaran dialogis yang diterapkan di perpustakaan jalanan. Faktor penghambat: basis keilmuan yang dikuasai, stigma negatif masyarakat, dan regenerasi pegiat literasi dalam komunitas perpustakaan jalanan. Kata Kunci: Model, Gerakan Sosial, Perpustakaan Jalanan, Budaya Literasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model, Gerakan Sosial, Perpustakaan Jalanan, Budaya Literasi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.63 Organisasi Kepemudaan dan Kemahasiswaan
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Arif Rachman sdr
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:21
Last Modified: 28 Jul 2023 06:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21336

Actions (login required)

View Item View Item