PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SMK MA'ARIF NU 1 WANGON KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS

Anton, Nur Rokhman (2023) PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SMK MA'ARIF NU 1 WANGON KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Anton Nur Rokhman_TESIS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Istilah karakter secara umum dikenal sebagai jati diri dari setiap individu. Hilangnya karakter seeorang, terutama karakter religius dan peduli lingkungan dapat menimbulkan tindakan buruk yang lama kelamaan bisa menjadi kebiasaan. Penanaman karakter religius dan peduli lingkungan sangatlah penting untuk bekal pembentukan karakter yang baik, terutama dikalangan peserta didik. Dari uraian tersebut maka permasalahan yang dirumuskan adalah bagaimana penanaman karakter religius dan peduli lingkungan pada peserta didik di SMK Ma’arif NU 1 Wangon Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan penanaman karakter religius dan peduli lingkungan pada peserta didik di SMK Ma’arif NU 1 Wangon mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpukan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang di analisis dengan menggunakan model milles and hubermen yaitu reduksi data display dan penarikan kesimpulan. Hasli penelitian menunjukan bahwa penanaman karakter religius dan peduli lingkungan pada peserta didik di SMK Ma’arif NU 1 Wangon Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas meliputi: 1) Karakter religius ada pembiasaan, keteladanan, dan pengkondisian. 2) Karakter peduli lingkungan ada pembiasaan dan keteladanan. Adapun nilai karakter religius dan peduli lingkungan yang dikembangakn meliputi: a) nilai ibadah, b) nilai amanah, c) nilai kedisiplinan, d) nilai sosial, dan e) nilai keteladanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Karakter, Religius, Peduli Lingkungan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anton Nur Rokhman sdr
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:03
Last Modified: 28 Jul 2023 08:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21335

Actions (login required)

View Item View Item