PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 PURBALINGGA

DESTIANA, HERAWATI (2023) PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DESTIANA HERAWATI_Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Purbalingga.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan logis matematis dan kemandirian belajar baik secara individu maupun secara bersamaan terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Purbalingga sejumlah 315 siswa. Sampel diperoleh sebanyak 177 siswa berdasarkan rumus Slovin, yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data melalui tes kemampuan koneksi matematis serta angket kecerdasan logis matematis dan kemandirian belajar. Teknik analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda, serta uji statistik t dan uji statistik F. Hasil penelitian ini adalah 1) terdapat pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII MTs Negeri 1 Purbalingga. Hal tersebut ditunjukan berdasarkan nilai t_(statistik uji) sebesar 2,158 > 1,9736 (t_tabel), dengan persamaan regresi Ŷ = 42,070 + 0,600X_1. Besar pengaruhnya berdasarkan nilai koefisien determinasi sebesar 12,6%, 2) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII MTs Negeri 1 Purbalingga. Hal tersebut ditunjukan berdasarkan nilai t_(statistik uji) sebesar 3,632 > 1,9736 (t_tabel), dengan persamaan regresi Ŷ = 30,269 + 0,560X_2. Besar pengaruhnya berdasarkan nilai koefisien determinasi sebesar 16,5%, 3) terdapat pengaruh kecerdasan logis matematis dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII MTs Negeri 1 Purbalingga. Hal tersebut ditunjukan nilai F_(statistik uji) sebesar 4,556 > 3,0479 (F_tabel), dengan persamaan regresi Ŷ = 27,866 + 0,270X_1 + 0,435X_2, artinya hubungan antara variabel kecerdasan logis matematis dan kemandirian belajar dengan variabel kemampuan koneksi matematis bernilai positif serta keduanya berpengaruh secara positif dan signifikan. Jadi, semakin tinggi tingkat kecerdasan logis matematis dan kemandirian belajar siswa maka kemampuan koneksi matematisnya akan meningkat. Besar pengaruhnya berdasarkan nilai koefisien determinasi berganda sebesar 17,4%, sehingga 82,6% kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII MTs Negeri 1 Purbalingga dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Logis Matematis, Kemampuan Koneksi Matematis, Kemandirian Belajar
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Destiana Herawati sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:15
Last Modified: 28 Jul 2023 06:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21332

Actions (login required)

View Item View Item