HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON VIDEO INSTAGRAM HABIB JA'FAR DENGAN PERILAKU MODERASI BERAGAMA (STUDI PADA FOLLOWERS AKUN @HUSEIN_HADAR)

Annisa, Nurrahma Fathin (2023) HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON VIDEO INSTAGRAM HABIB JA'FAR DENGAN PERILAKU MODERASI BERAGAMA (STUDI PADA FOLLOWERS AKUN @HUSEIN_HADAR). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Annisa Nurrahma Fathin_Hubungan Intensitas Menonton Video Instagram Habib Ja'far Dengan Perilaku Moderasi Beragama (studi pada followers akun @husein_hadar).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Instagram merupakan salah satu media sosial yang kini banyak digunakan sebagai media dakwah. Salah satu da’I yang menggunakan Instagram sebagai media dakwah nya ialah Habib Ja’far. Melalui akun @husein_hadar,Habib Ja’far sering memposting konten-konten islami, salah satu nya berkaitan dengan moderasi beragama. Seperti kolaborasi antara Habib Ja’far dengan pemuka agama lain. Sehingga penelitan ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara menonton video Instagram Habib Ja’far dengan pemahaman Moderasi Beragama (Studi Pada Followers akun @husein_hadar). Penelitian ini memakai paradigma positivisme dan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampling menggunakan simple random sampling dan menggunakan rumus slovin. Sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden dari followers Habib Ja’far. Teori yang digunakan yaitu Hypodermic Needle Theory.Dalam pengolahan data menggunakan IBM SPSS Versi 23. Dalam memperoleh data menggunakan angket/kuesioner yang disebarkan melalui google form, sedangkan dalam menganalisis data menggunakan Korelasi Pearson Product Moment, Uji Linieritas,Uji Normalitas, Uji Reliabilitas,dan Uji Validitas. Setelah dilakukukan Uji Korelasi, diperoleh hasilnya yaitu 0,000 < 0,05. 0,341 > 0,195 yang berarti bahwa terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut. Kemudian disesuaikan dengan tabel penafsiran koefisien korelasi, dengan nilai rxy 0,341 yang artinya tingkat hubungan antara intensitas menonton video instagram dengan perilaku moderasi beragama memiliki hubungan yang rendah namun pasti. Maka berdasarkan hipotesis penelitian yang diajukan, bahwa terdapat hubungan antara intensitas menonton video Instagram Habib Ja’far dengan perilaku moderasi beragama (studi pada followers akun @husein_hadar).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan,Instagram,Moderasi Beragama
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Annisa Nurrahma Fathin sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:18
Last Modified: 28 Jul 2023 06:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21330

Actions (login required)

View Item View Item