Ficky Syifa, Janani (2023) KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS FITRAH PEMIKIRAN HARRY SANTOSA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.
|
Text
PERBAIKAN SKRIPSI-SYIFA-WATERMARK-EMAIL.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Fitrah merupakan potensi yang Allah berikan untuk ditumbuhkan lwat pendidikan sejati. Pendidikan berbasis Fitrah adalah model pendidikan yang mempunyai tujuan agar memampukan para orang tua dan pendidik mentransformasi semua karunia potensi fitrah Allah menuju misi hidup yang berwujud pada peran peradaban. Peran peradaban sebagai Rahmat bagi seluruh alam dan bashiro wa nadziro dan peran peradaban komunal yakni menjadi sebaik- baiknya umat (khoiru ummah) dan umat yang menjadi penengah diantara pertikaian (ummatan wasathan). Pendidikan berbasis fitrah dapat melahirkan anak-anak yang mempunyai jiwa untuk berkonstribusi besar terhadap kehidupan dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk dapat bersikap optimis dan progresif menyongsong masa depan. Begitu banyak teori yang membahas tentang Pendidikan berbasis fitrah ini salah satunya teori pemikiran Harry Santosa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep Pendidikan anak usia dini berbasis fitrah pemikiran Harry Santosa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu termasuk dalam penelitian kepustakaan karena menggali pemikiran tokoh melalui beberapa literatur yang mendukung, ditempuh dengan metode analisis isi. Menyimpulkan bahwa konsep Pendidikan anak usia dini berbasis fitrah pemikiran Harry Santosa adalah sebuah model pendidikan yang bermuara pada peran peradaban dimulai dari pemberian asah, asih dan asuh pada anak usia dini yang berfokus pada fitrah keimanan yang dibarengi dengan tujuh fitrah lain yang sudah ada pada diri anak. Delapan aspek Pendidikan anak usia dini berbasis fitrah pemikiran harry santosa yakni fitrah keimanan, fitrah seksualitas & cinta, fitrah estetika & Bahasa, fitrah belajar & bernalar, fitrah jasmani, fitrah individualitas & sosialitas, fitrah bakat & kepemimpinan, dan fitrah perkembangan.. Parameter Pendidikan anak usia dini bukanlah cepat atau hebatnya anak dalam melakukan sesuatu namun seberapa dia menyukai, enjoy dan menanti-nantikan aspek keterampilan tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Anak Usia Dini, Fitrah, Harry Santosa. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | FICKY SYIFA JANANI sdr |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 05:59 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 05:59 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21322 |
Actions (login required)
View Item |