PRAKTIK PARENTING STYLE OLEH GENERASI Y BAGI GENERASI ALPHA DI MI NEGERI 2 KEBUMEN

Uswatul, Khasanah (2023) PRAKTIK PARENTING STYLE OLEH GENERASI Y BAGI GENERASI ALPHA DI MI NEGERI 2 KEBUMEN. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Uswatul Khasanah_ Praktik Parenting Style oleh Generasi Y bagi Generasi Alpha di MI Negeri 2 Kebumen.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak-Anak tingkat MI sekarang merupakan anak bergenerasi Alpha yang terlahir di era teknologi digital, seperti gadget. Jadi, anak sehari-hari sudah berkawan dengan gadget. Gadget selain berdampak positif, juga berdampak negatif terhadap anak. Sehingga, orang tua generasi Alpha yang sebagian besar adalah bergenerasi Y perlu untuk memperkenalkan dan mengontrol penggunaan teknologi digital serta berperan dalam membentuk karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa parenting style oleh generasi Y pada generasi Alpha di MI Negeri 2 Kebumen. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah orang tua dan peserta didik kelas 1-5 MIN 2 Kebumen dengan teknik pengumpulan data dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman yang dilakukan secara interaktif, yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, klasifikasi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa praktik parenting style oleh generasi Y bagi generasi Alpha di MIN 2 Kebumen dalam memperkenalkan teknologi sudah benar, dalam mengontrol penggunaan teknologi digital sudah cukup efektif dan orang tua juga sudah berperan aktif dalam membentuk karakter anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Parenting Style, Generasi Y, Generasi Alpha, MIN 2 Kebumen
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 649 Child rearing and home care of sick
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Uswatul Khasanah sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 05:54
Last Modified: 28 Jul 2023 05:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21320

Actions (login required)

View Item View Item