EFEKTIVITAS MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DENGAN MEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MATERI STATISTIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP MASYITHOH KROYA

Fia, Fadhilatul Aliyah (2023) EFEKTIVITAS MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DENGAN MEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MATERI STATISTIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP MASYITHOH KROYA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIA FADHILATUL ALIYAH.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa dalam matematika ialah kemampuan komunikasi matematis. Dalam matematika, kemampuan komunikasi ini diartikan sebagai kemampuan siswa dalam menyampaikan gagasan/ide matematika, baik secara lisan maupun tulisan serta kemampuan memahami dan menerima gagasan/ide matematika orang lain secara cermat, analisis, kritis dan evaluatif untuk mempertajam pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media Mind Map dan efektivitas model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media Mind Map untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Masyithoh Kroya sebanyak 95 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B sebanyak 44 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Convenience Sampling dimana peneliti memilih sampel karena mereka bersedia untuk diteliti dan berguna untuk menjawab hipotesis penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui implementasi model STAD dengan media Mind Map yaitu menggunakan lembar pengamatan, dan untuk mengetahui efektivitas model STAD dengan media Mind Map untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu menggunakan soal uraian pretest dan posstest dengan analisis data menggunakan uji T. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa implementasi model STAD dengan media Mind Map dilakukan dengan sangat baik, dibuktikan dengan hasil skor pengamat pada lembar pengamatan sebesar 3,60 termasuk kedalam kriteria sangat baik, dan dari hasil uji T dapat diketahui nilai signifikansi (2-tailed) 0,012 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Melihat dari perolehan nilai rata-rata posstest kelas eksperimen yaitu 73,41 dan kelas kontrol yaitu 60,68 maka dapat diartikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen yang menerapkan model STAD dengan media Mind Map lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menerapkan model konvensional. Oleh karena itu, model STAD dengan media Mind Map efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis; Mind Map; Model Student Teams Achievement Divisions.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fia Fadhilatul Aliyah
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:14
Last Modified: 27 Jul 2023 08:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21316

Actions (login required)

View Item View Item