LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA KORBAN BULLIYING DI SMPN 1 BUMIAYU BREBES

Riska, Anjalaeni (2023) LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA KORBAN BULLIYING DI SMPN 1 BUMIAYU BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RISKA ANJALAENI_LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA KORBAN BULLIYING DI SMPN 1 BUMIAYU BREBES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Self esteem adalah sesuatu hal melandasi dari pada yang berhubungan dengan naik turunnya suatu perubahan perilaku pada remaja. Lalu dengan naik turun perasaan seseorang tentang dirinya sendiri akan menyebabkan kestabilan bersifat kondisional. Karena itu perlu adanya peningkatan self esteem pada siswa, salah satu upaya untuk meningkatkan self esteem pada siswa adalah dengan konseling individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan konseling individu dalam meningkatkan self esteem Pada korban bulliying di SMPN 1 Bumiayu Brebes. Bulliying akan mengakibatkan rendahnya self esteem bagi pertumbuh kembangan anak. Siswa yang mempunyai self esteem rendah akan berpengaruh pada ketidak adanya percaya diri, tidak berani menggungkapkan ide-ide yang dimiliki, serta ragu-ragu dalam membuat keputusan untuk bisa menerima dirinya sendiri dan selalu merasa dirinya rendah dibandingkan orang lain. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis penelitian lapangan. Sumber data penelitian ini adalah primer dan sekunder. Pada pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 6 subjek yang terdiri dari 2 guru BK dan 4 siswa yang memiliki self esteem rendah. Faktor yang mendukung keberhasilan program bimbingan konseling untuk meningkatkan self esteem pada korban bulliying menggunakan pendekatan rasional emotive behaviour therapy. Setelah dilakukan konseling individu menghasilkan siswa yang lebih percaya diri, mampu berinteraksi dengan lingkungan ssekitarnya dan lebih mempunyai banyak teman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu, Self Esteem, Bulliying
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Riska Anjalaeni sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:58
Last Modified: 28 Jul 2023 01:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21315

Actions (login required)

View Item View Item