AFIFAH, KHOERUNNISA (2023) POLA ASUH ORANG TUA UNTUK MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA DALAM MELAKUKAN ACTIVITY OF DAILY LIVING (ADL) DI DESA TAYEM-TIMUR KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Afifah Khoerunnisa_Pola Asuh Orang Tua Untuk Membentuk Kemandirian Anak Tunagrahita Dalam Melakukan Activity Of Daily Living (ADL) Di Desa Tayem-Timur Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Hadirnya anak membawa kebahagian bagi orang tua. Anak bukan hanya masa depan keluarga, tetapi juga sebagai masa depan bangsa. Namun, ada beberapa dari mereka terlahir dengan keterbatasan. Seperti pada anak tunagrahita yang memiliki keterbatasan dimana mereka memiliki IQ dibawah rata-rata atau memiliki fungsi intelektual yang rendah. Keterbatasan yang terjadi pada anak tunagrahita menyebabkan gangguan pada masa perkembangan termasuk dalam kemandiriannya untuk perawatan diri atau kesulitan dalam melakukan daily activity. Untuk membentuk kemandirian anak terutama dalam melakukan activity of daily living pengasuhan dan bimbingan serta perhatian khusus sangat dibutuhkan anak tunagrahita. hal ini menunjukan bahwa, pola asuh orang tua memiliki peran penting untuk tumbuh kembang anak agar dapat mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua untuk membentuk kemandirian anak tunagrahita dalam melakukan activity of daily living (ADL) di Desa Tayem-Timur, Kecamatan karangpucung, Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif menggunakan pendekatan penelitian lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek pada penelitian ini dilakukan pada tiga orang tua (pasangan suami istri) yang mempunyai anak tunagrahita. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pola asuh yang orang tua berikan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Anak dibimbing dan dididik sesuai dengan kemampuan untuk mencapai tahap mandiri. Pola asuh yang diberikan orang tua yaitu pola asuh demokratis dan pola asuh permissif. Pola asuh demokratis dimana orang tua memberikan perhatian penuh pada anak. Pola asuh permissif dimana orang tua cenderung membiarkan anaknya. Kemudian, untuk membentuk kemandirian pada diri anak orang tua melakukan upaya seperti menumbuhkan rasa percaya diri, memberikan latihan dan kebiasaan. Latihan yang diberikan seperti cara mandi, berpakain, dll. Orang tua menerapkan latian yang telah diberikan sebagai kebiasaan untuk dilakukan oleh anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak Tunagrahita, Pola Asuh Orang tua, Kemandirian, Activity Of Daily Living |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology 300 Social sciences > 302 Social interaction 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables) |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Afifah khoerunnisa sdri |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 05:32 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 05:32 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21304 |
Actions (login required)
View Item |