Jurnalisme Sastra Dalam Laporan Hikayat Kebo Karya Linda Christanty (Analisis Teori Jurnalisme Sastra Robert Vare)

Pandika, Adi Putra (2023) Jurnalisme Sastra Dalam Laporan Hikayat Kebo Karya Linda Christanty (Analisis Teori Jurnalisme Sastra Robert Vare). Skripsi thesis, UIN Pof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Pandika Adi Putra_Jurnalisme Sastra Dalam Laporan Hikayat Kebo Karya Linda Christanty (Analisis Teori Jurnalisme Sastra Robert Vare).pdf

Download (840kB) | Preview

Abstract

Jurnalisme sastra merupakan salah satu aliran jurnalisme yang baru dikembangkan pada tahun 1962 oleh Tom Wolfe sehingga termasuk ke dalam new journalism. Jurnalisme sastra menggunakan pendekatan sastra dalam menyajikan laporan beritanya, akan tetapi tetap memegang prinsip jurnalistik dimana harus faktual. Salah satu laporan yang penulisannya menggunakan pendekatan sastra adalah laporan “Hikayat Kebo” karya Linda Christanty yang ditulis pada tahun 2001. Laporan “Hikayat Kebo” menceritakan tentang peristiwa kriminalitas yang terjadi pasca runtuhnya orde baru atau era reformasi. Linda Christanty sebagai penulis membingkai laporan tersebut dengan kritis terhadap penanganan dan pemicu kriminalitas yang terjadi di era itu. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengaitkan laporan “Hikayat Kebo” karya Linda Christanty dengan teori jurnalisme yang dikembangkan oleh Robert Vare. Jurnalisme yang dikembangkan Robert Vare setidaknya mempertimbangkan tujuh unsur dalam narasi jurnalisme sastra, yakni fakta, konflik, karakteristik, akses, emosi, perjalanan waktu dan unsur pembaruan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis wacana teks berita dalam paradigma kritis kemudian dikaitkan dengan teori jurnalisme sastra yang dikembangkan oleh Robert Vare. Hasil penelitian menunjukan bahwa laporan jurnalisme sastra “Hikayat Kebo” karya Linda Christanty merupakan karya jurnalistik yang bernarasi sastra atau termasuk pada aliran jurnalisme sastra. Hal itu dapat dibuktikan menggunakan teori jurnalisme sastra yang dikembangkan oleh Robert Vare, mempertimbangkan unsur-unsur yang menjadi indikator yang perlu diperhatikan dalam menulis karya jurnalisme beraliran sastra, yaitu fakta, konflik, emosi, karakter, akses, perjalanan waktu dan unsur kebaruan. Serta dibingkai dengan tema wacana kritis terhadap penanganan dan pemicu kriminalitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme, Jurnalisme Sastra, Robert Vare
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
800 Literature and rhetoric > 809 Literary history and criticism
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Pandika Adi Putra sdr
Date Deposited: 28 Jul 2023 05:22
Last Modified: 28 Jul 2023 05:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21303

Actions (login required)

View Item View Item