PENGARUH PRODUK, HARGA DAN EFEKTIVITAS LAYANAN TERHADAP MINAT BELI TIKET TARIF KHUSUS PADA PT. KERETA API INDONESIA (STUDI KASUS STASIUN KERETA API PURWOKERTO)

Ayu, Ria Rifni Afidah (2023) PENGARUH PRODUK, HARGA DAN EFEKTIVITAS LAYANAN TERHADAP MINAT BELI TIKET TARIF KHUSUS PADA PT. KERETA API INDONESIA (STUDI KASUS STASIUN KERETA API PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Ayu Ria Rifni A. SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kereta api merupakan salah satu bentuk transportasi umum di Indonesia. Dalam rangka meningkatkan layanannya, PT. Kereta Api Indonesia selalu melakukan berbagai inovasi untuk menarik minat konsumen. Salah satu inovasi yang dilakukan yaitu adanya penawaran tiket kereta api dengan harga murah atau disebut dengan tiket tarif khusus. Stasiun Kereta Api Purwokerto sebagai salah satu Daerah Operasi 5 Purwokerto juga meyediakan tarif khusus dengan harga mulai dari Rp. 35.000. Stasiun Purwokerto sebagai stasiun terbesar di jalur selatan pulau Jawa dan menjadi pemberhentian utama hampir semua kereta penumpang jarak jauh, ditambah lagi adanya tiket tarif khusus yang ditawarkan oleh Stasiun Purwokerto dengan harga murah menjadikan daya tarik tersendiri dalam menarik minat masyarakat pengguna kereta api dari Purwokerto untuk membeli tiket tarif khusus. Harapannya melalui tiket tarif khusus ini, masyarakat dapat menyukai layanan kereta api. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna transportasi kereta di Stasiun Purwokerto yang mengetahui atau pernah menggunakan tiket tarif khusus, sampel yang diambil sebanyak 85 responden. Teknik pengambilan data menggunakan metode kuesioner. Data diolah dengan uji validitas, reliabilitas, statistik dan asumsi klasik. Untuk mengetahui pengaruh dari produk, harga, dan tempat terhadap minat beli tiket tarif khusus digunakan analisis regresi linear berganda. Hipotesis diuji dengan uji t dan uji F dan koefisien determinasi dengan bantuan IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk (X1) secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat beli tiket tarif khusus. Variabel harga (X2) secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat beli tiket tarif khusus dan varabel efektivitas layanan (X3) secara parsial berpengaruh terhadap minat beli tiket tarif khusus. Variabel produk, harga, dan tempat secara simultan berpengaruh terhadap minat beli tiket tarif khusus. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk menambah faktor lain atau variabel lain diluar penelitian ini yang mempengaruhi minat dalam menggunakan produk tiket tarif khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Produk, Harga, Efektivitas Layanan, Minat Beli
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ayu Ria Rifni Afidah sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:17
Last Modified: 28 Jul 2023 04:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21301

Actions (login required)

View Item View Item