Pengaruh Premi Klaim dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Aset Pada Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia Periode 2017-2021

Novia, Lestari (2023) Pengaruh Premi Klaim dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Aset Pada Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia Periode 2017-2021. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Novia Lestari.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PREMI KLAIM DAN INVESTASI TERHADAP PERTUMBUHAN ASET PADA PERUSAHAAN ASURANSI JIWA SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2017-2021 Novia Lestari NIM. 1817202075 Email: [email protected] Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh industri asuransi jiwa syariah yang mengalami fluktuasi, hingga kenaikan klaim yang terus bertambah pada perusahaan akibat adanya covid-19. Pertumbuhan aset memiliki peranan yang penting bagi perusahaan karena pertumbuhan aset merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur kesehatan suatu perusahaan dan menentukan kinerjanya. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan asset yaitu penerimaan dan pengeluaran yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi yang meliputi kontribusi, klaim, dan investasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh premi, klaim, dan investasi terhadap pertumbuhan asset pada Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia periode 2017-2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia tahun 2017-2021. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak tujuh Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia. Data yang digunakan merupakan data sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, premi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan asset, klaim tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan asset, dan investasi berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan asset. Kemudian, variable premi, klaim, dan investasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan asset Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia periode 2017-2021. Kata Kunci : Premi, Klaim, Investasi, Pertumbuhan Aset.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Premi, Klaim, Investasi, Pertumbuhan Aset
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Novia Lestari sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:37
Last Modified: 27 Jul 2023 07:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21300

Actions (login required)

View Item View Item