Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah pada Lama Usaha dan Lokasi Usaha Terhadap Kelangsungan UMKM (Studi Kasus Anggota Pelaku UMKM di BMT Mentari Bumi Purbalingga)

Popi, Dwi Rahayu (2023) Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah pada Lama Usaha dan Lokasi Usaha Terhadap Kelangsungan UMKM (Studi Kasus Anggota Pelaku UMKM di BMT Mentari Bumi Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
skripsi Popi Dwi Rahayu Oke.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PEMBIAYAAN MIKRO SYARIAH PADA LAMA USAHA DAN LOKASI USAHA TERHADAP KELANGSUNGAN UMKM (Studi Kasus Pada Anggota UMKM di BMT Mentari Bumi Purbalingga) Popi Dwi Rahayu NIM.1817202076 Email: [email protected] Prodi Perbankan Syariah Jurusan Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRAK UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian suatu negara, seperti halnya di Indonesia. Pendapatan menjadi tujuan bagi UMKM untuk mengembangkan usahanya. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh peneliti terhadap pelaku UMKM di BMT Mentari Bumi menyatakan bahwa pendapatan yang diperoleh tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari sehingga kelangsungan suatu usaha tertentu mengalami kesulitan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan pendapatan pelaku UMKM, apakah faktor pembiayaan mikro syariah, lama usaha, dan lokasi usaha dapat mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 85 responden, dan didukung dengan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik meliputi; uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi linier berganda, uji hipotesis meliputi; uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R²), yang di olah dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t hitung masing-masing variabel independen adalah 2,906 untuk pembiayaan mikro syariah, 2,037 untuk lama usaha, dan 2,948 untuk lokasi usaha, dengan nilai t tabel adalah 1,993 (t hitung > t tabel) artinya bahwa pembiayaan mikro syariah, lama usaha, dan lokasi usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap kelangsungan UMKM. Sedangkan pembiayaan mikro syariah, lama usaha, dan lokasi usaha secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kelangsungan UMKM yang dibuktikan dengan f hitung lebih besar dari f tabel (36,539 > 2,72) dan hasil koefisien derminasi sebesar 0,575 atau 57,5 %. Kata Kunci: Pembiayaan Mikro Syariah, Lama Usaha, Lokasi Usaha, Pendapatan, Kelangsungan UMKM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Mikro Syariah, Lama Usaha, Lokasi Usaha, Pendapatan, Kelangsungan UMKM
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Popi Dwi Rahayu sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:39
Last Modified: 27 Jul 2023 07:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21298

Actions (login required)

View Item View Item