OPTIMALISASI PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI METODE GERAK DAN LAGU ASMAUL HUSNA DI TK DARUL QURAN AL KARIM KARANGTENGAH BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS

Novia Anjani, Fajrin (2023) OPTIMALISASI PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI METODE GERAK DAN LAGU ASMAUL HUSNA DI TK DARUL QURAN AL KARIM KARANGTENGAH BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Novia Anjani Fajrin_Optimalisasi Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Metode Gerak dan Lagu Asmaul Husna di TK Darul Qur'an Al-Karim Karangtengah Baturaden.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang diyakininya dan menjadi dasar pemikiran, tingkah laku, dan tingkah lakunya. Pendidikan karakter diterapkan pada anak sejak dini dengan memberikan pendidikan yang menitikberatkan pada karakteristik anak. Pendidikan karakter anak dengan menggunakan metode yang sederhana dan mudah diingat, khususnya metode gerak dan lagu, sangatlah penting. Pembentukan karakter pada anak dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan, namun tidak semua lembaga pendidikan melakukan berbagai kegiatan pembentukan karakter pada anak. Kegiatan gerak dan lagu Asmaul Husna termasuk kegiatan yang dilakukan untuk pembinaan karakter anak usia dini. Penelitian ini dilakukan di TK Darul Qur'an Al-Karim Karangtengah Baturraden Provinsi Banyumas dengan tujuan untuk mengetahui pembentukan karakter anak melalui metode gerak dan lagu Asmaul Husna. Tipe penelitian yang digunakan merupakan deskriptif kualitatif dengan bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas gerak dan lagu Asmoul Husna untuk pengembangan karakter anak di TK Darul Al-Karim Karangtengahi Baturraden Kabupaten Banyumas. Partisipan penelitian ini adalah anak-anak, kepala TK Darul Quran Al Karim Karangtengah Baturraden dan para guru. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis informasi yang meliputi reduksi informasi, representasi informasi, dan pencitraan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program lagu dan gerak Asmaul Husna yang dilaksanakan di TK Darul Al-Karim Karangtengahi Boturraden dilaksanakan melalui pelaksanaan tiga fungsi manajemen yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Sebagai hasil dari program grak dan lagu Asmauli Husna, terbentuklah berbagai sifat pada diri anak yaitu sifat disiplin, cinta atau kasih sayang, ketaatan, kesempurnaan dan kesabaran. Kata Kunci : karakter, anak, dan kegiatan gerak dan lagu asmaul husna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Novia Anjani Fajrin sdr
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:17
Last Modified: 28 Jul 2023 06:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21288

Actions (login required)

View Item View Item