INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI BUDAYA HARMONISASI DALAM PROGRAM HARIAN DAN MINGGUAN DI SMP NURUSSHIBYAN PAGUYANGAN KAB. BREBES

Muhammad, Aenul Yaqin (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI BUDAYA HARMONISASI DALAM PROGRAM HARIAN DAN MINGGUAN DI SMP NURUSSHIBYAN PAGUYANGAN KAB. BREBES. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhammad Aenul Yaqin_INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI BUDAYA HARMONISASI DALAM PROGRAM HARIAN DAN MINGGUAN DI SMP NURUSSHIBYAN PAGUYANGAN KAB. BREBES.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama Islam adalah salah satu aspek penting dalam pembentukan karakter individu muslim. Melalui pendidikan agama Islam, seseorang dapat memperoleh pemahaman yang mendalam tentang ajaran Islam dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Namun, hanya memiliki pengetahuan tentang ajaran Islam saja tidak cukup untuk membentuk karakter yang baik. Penting untuk menginternalisasi nilai-nilai tersebut agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap insan yang hidup di alam semesta mendambakan keharmonisan, Keharmonisan yang didamba oleh setiap manusia telah diatur dalam agama, dimana agama menyeru kepada pemiliknya agar senantiasa hidup dalam kedamaian, saling tolong menolong, toleransi dan penuh kasih sayang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui Bagaimana Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Budaya Harmonisasi dalam Program Harian dan Mingguan di SMP Nurusshibyan Paguyangan Kab. Brebes Jenis penelitian ini adalah Penelitian lapangan (fieldresearch) dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Adapun objek penelitian ini adalah Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Budaya Harmonisasi dalam Program Harian dan Mingguan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa Internalisasi nilai-nilai Pendidikan agama Islam melalui budaya harmonisasi dalam program harian dan mingguan antara lain, istiqomah, tanggung jawab, tawadlu (sopan santun), sabar, tolong menolong, silaturrahmi dan gotong royong yang terdapat dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan Allah swt (hablumminallāh), hubungan dengan manusia (hablumminannās) dan hubungan dengan alam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai-nilai Pendidikan agama Islam, Harmonisasi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Aenul Yaqin sdr
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:10
Last Modified: 28 Jul 2023 04:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21285

Actions (login required)

View Item View Item