NILAI NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF K.H MUHAMMAD HASYIM ASYARI DALAM KITAB ADĀBUL ĀLIM WAL MUTA’ALLIM

Idris, Malikus Sholeh (2023) NILAI NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF K.H MUHAMMAD HASYIM ASYARI DALAM KITAB ADĀBUL ĀLIM WAL MUTA’ALLIM. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IDRIS MALIKUS SHOLEH_NILAI NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF K.H MUHAMMAD HASYIM ASYARI DALAM KITAB ADĀBUL ĀLIM WAL MUTA’ALLIM.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kitab Adābul Ālim Wal Muta’allim sampai saat ini menjadi rujukan bagi berbagai lembaga pendidikan formal, non formal dan bahkan informal dalam membentuk akhlak manusia. Kitab karangan K.H Muhammad Hasyim Asyari ini turut mencoba memformulasikan metode pembentukan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis formulasi dan merekonstruksi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Perspektif K.H Muhammad Hasyim Asyari Dalam Kitab Adābul Ālim Wal Muta’allim . Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kepustakaan dimana data primer yang digunakan terntunya Kitab Adābul Ālim Wal Muta’allim karya K.H Muhammad Hasyim Asyari. Data didapatkan melalui teknik dokumentasi dimana data akan diuji dengan meningkatkan ketekunan dan pemeriksaan teman sejawat. Analisis data dijalankan dengan penentuan desain penelitian, pencarian data utama dan mencari kontekstualisasi teks. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa nilai akhlak tidak hanya ditujukan kepada siswa, namun juga kepada guru. nilai akhlak kepada diri siswa ialah membersihkan hati dari kotoran, mengukuhkan niat, sabar dan Qanaah, wirai menggunakan waktu dengan baik, pandai mengatur waktu, makan minum dengan sderhana, tidak memakan makanan yang membawa madharat, sedikit tidur, meninggalkan pergaulan yang tidak bermanfaat, mempelajari hal yang sangat penting dahulu dan semua materi, mengecek kebenaran teks, mempelajari hadits, melanjutkan pembelajaran kekitab lainnya, mencatat hal yang sulit, mengikuti halaqah guru, mengucapkan salam ketika akan belajar, tidak malu dan antri dalam belajar, menghadap guru dengan akhlak, memotivasi teman, meminta petunjuk Allah dalam memilih guru, yakin dengan kemampuan guru, mematuhi dan menghormati guru, bersabar berhadapan dengan guru, menyimak penjelasan guru, menerima apa yang diberikan guru. Kemudian niai pendidikan akhlak dalam diri guru ialah merasa selalu diawasi oleh Allah, tenang, wara, tawadhu dan khusuk, tidak terbujuk kenikmatan dunia, istiqamah beribadah, menjalankan sunnah, menghindari perbuatan keji, tidak gila kehormatan, menghindari pekerjaan dan lokasi negative, baik kepada orang lain, terus belajar, membuat karya, membaca Al Quran, membersihkan diri sebelum mengajar, memposisikan di tempat yang baik, mengutamakan pelajaran penting, menyesuaikan suara didalam kelas, mengajar di tempat yang proporsional, mengajar demi mendapatkan ridha Allah, ikhlas dalam mengajar, rendah hati, menasihati siswa dengan baik, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, mengajar dengan semangat, memberi saran menyesuaikan diri dengan apa yang dinyamani, tidak membeda-bedakan, menjaga interaksi, memperhatikan semua siswa, menghormati dan menghargai siswa Kata Kunci: Nilai Pendidikan; Akhlak; K.H M Hasyim Asyari

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan; Akhlak; K.H M Hasyim Asyari
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Idris Malikus Sholeh
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:10
Last Modified: 28 Jul 2023 04:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21284

Actions (login required)

View Item View Item