PESAN DAKWAH DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI VISUAL (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA AKUN INSTAGRAM @HIJABALILA)

Putri, Maharani Nurlaila (2023) PESAN DAKWAH DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI VISUAL (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA AKUN INSTAGRAM @HIJABALILA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
PUTRI MAHARANI NURLAILA_PESAN DAKWAH DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI VISUAL (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Akun Instagram @hijabalila).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdakwah di masa digitalisasi sekarang ini dapat memudahkan dakwahnya karena semua akses dapat dijangkau dengan mudah dan cepat oleh para pemakainya. Salah satunya melalui karya visual yang dibagikan di Instagram. Dari karya visual tersebut terselipkan pesan-pesan dakwah yang dikemas dengan bentuk komunikasi visual. Komunikasi visual menggabungkan seni, simbol, bentuk tulisan, desain grafis, gambar (ilustrasi), dan warna dalam penyampaiannya. Komunikasi visual merupakan hal yang penting dalam suatu kegiatan dakwah agar terlihat lebih menarik. Pada akun Instagram milik @hijabalila terdapat berbagai macam karya visual yang mengandung pesan dakwah. Maka dari itu, yang diteliti pada penelitian ini adalah bagaimana pesan dakwah dalam perspektif komunikasi visual pada akun Instagram @hijabalila. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika milik Roland Barthes. Dalam teori ini menganalisis pemaknaan tanda melalui sistem pemaknaan denotasi, konotasi dan mitos. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan penelusuran data online. Hasil dari penelitian ini dalam makna denotasi merupakan karya visual yang kebanyakan menggunakan font Sans Serif yaitu jenis huruf Futura dan font handwriting, serta ilustrasi mayoritas menggunakan gambar perempuan berhijab. Makna konotasi dilihat dari teks dan ilustrasinya yang diambil dari situasi yang akrab di kalangan masyarakat. Makna mitos banyak mengambil dari realitas kehidupan sehari-hari di masyarakat yang juga mengajak untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hasil dari analisis pesan dakwah dalam persepektif komunikasi visual yaitu pesan akhlak (akhlak pada diri sendiri), pesan syariah (ibadah kepada Allah SWT) dan juga sunnah dan pesan aqidah (keimanan, dengan menjauhi suatu kemungkaran).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah, Komunikasi Visual, Instagram
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Putri Maharani Nurlaila sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:47
Last Modified: 28 Jul 2023 03:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21274

Actions (login required)

View Item View Item