PENGARUH SIKAP NORMA SUBJEKTIF DAN KONTROL PERILAKU TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HALAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWI PERGURUAN TINGGI DI PURWOKERTO)

Laela, Safitri (2023) PENGARUH SIKAP NORMA SUBJEKTIF DAN KONTROL PERILAKU TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HALAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWI PERGURUAN TINGGI DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
LAELA SAFITRI_PENGARUH SIKAP NORMA SUBJEKTIF DAN KONTROL PERILAKU TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HALAL (Studi Kasus pada Mahasiswi Perguruan Tinggi di Purwokerto.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penggunaan kosmetik halal telah menjadi tren yang signifikan dalam masyarakat saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku terhadap minat pembelian kosmetik halal pada mahasiswi di Purwokerto. Adanya perkembangan akan produk halal tidak terlepas dari kasadaran masyarakat muslim dalam menggunakan produk halal. Namun dari hasil observasi penelitian yang peneliti lakukan ternayata hanya 22 responden dari 70 responden yang memperhatikan kehalalan suatu produk yang artinya kesadaran halal mahaswi masih rendah. Banyak mahasiswi yang kurang memiliki pengetahuan yang memadai tentang apa itu kosmetik halal, manfaatnya atau cara mengidentifikasi produk yang halal. Beberapa mahasiswi kurang memiliki pemahaman yang cukup tentang prinsip agama dan pentingnya mengikuti aturan-aturan halal sehingga tidak memiliki motivasi untuk mencapai produk yang halal. Masih ada ketiksesuaian antara data yang ada dengan kenyataan dilapangan dan perlunya untuk diteliti lebih lanjut terkait kosmetik halal. Penelitian ini menggunakan Teori Planned Behavior sebagai kerangka teoritis untuk memahami perilaku konsumen dalam konteks pembelian kosmetik halal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah kombinasi antara probability sampling menggunakan proportionate stratified random sampling dan non-probability sampling menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 400 mahasiswi. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi ordinal, yang memungkinkan untuk menganalisis hubungan antara variabel-variabel independen (sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku) dan variabel dependen (minat pembelian kosmetik halal). Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan, sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian kosmetik halal. Artinya, ketika mahasiswi memiliki sikap positif terhadap kosmetik halal, merasakan tekanan normatif untuk menggunakan kosmetik halal dari orang-orang di sekitarnya, dan merasa mampu mengendalikan perilaku pembelian mereka, mereka cenderung memiliki minat yang lebih tinggi untuk membeli kosmetik halal. Kata Kunci: Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, Minat Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, Minat Pembelian
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Laela Safitri sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:42
Last Modified: 28 Jul 2023 03:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21272

Actions (login required)

View Item View Item